Mataram Bakpia Kukus, Oleh-oleh Khas Jogja yang Wajib Dicoba

Posting Komentar
Mataram Bakpia Kukus, Oleh-oleh Khas Jogja yang Wajib Dicoba
Mataram Bakpia Kukus, Oleh-oleh Khas Jogja yang Wajib Dicoba

Mataram Bakpia Kukus, Oleh-oleh Khas Jogja yang Wajib Dicoba. Bagi sebagian orang, buah tangan atau oleh-oleh sepertinya sudah menjadi sesuatu yang wajib dibeli saat berkunjung di tempat tertentu. Seperti yang belum lama ini aku alami ketika berada di Stasiun Tugu Yogyakarta, aku melihat booth Siliwangi Bolu Kukus yang di luarnya terpampang nyata lagi ada promo. Bukan hanya jual bolu kukus saja, tapi juga ada bakpia.

Bakpia Jogja satu ini merupakan bakpia dengan merk Mataram Bakpia Kukus. Sesuai dengan namanya, bakpia kukus merupakan inovasi dari bakpia tradisional khas Jogja yang tidak dipanggang namun dikukus, dan tentunya memiliki tekstur serta rasa yang berbeda. Rupanya, Mataram Bakpia Kukus ini telah berkolaborasi dengan brand Siliwangi Bolu Kukus sejak 8 April 2023 dan diperkenalkan pertama kali dibeberapa store di Stasiun dan Terminal Siliwangi Bolu Kukus yang ada di Yogyakarta dan Solo.

Nama Mataram Bakpia kukus yang telah menjadi makanan khas Jogja ini diambil dari sejarah kerajaan yang berdiri pada abad ke-8 di Jawa, yaitu Mataram Kuno dan kerajaan Mataram Islam. Latar belakang nama Mataram Bakpia Kukus ini memiliki konsep dasar pemikiran berupa simbol dan nama yang berguna untuk melestarikan pengetahuan sejarah yang ada di Indonesia agar mudah dikenali dan mudah dalam pemasaran produk. Dilihat dari kemasannya pun sudah menarik perhatian.

Perbedaan Bakpia Basah dan Bakpia Kering
Perbedaan Bakpia Basah dan Bakpia Kering

Bakpia basah atau kukus sendiri memiliki perbedaan dengan bakpia kering. Salah satunya dapat dilihat secara langsung dari bentuk dan ukurannya yang berbeda. Bakpia kukus memiliki ukuran lebih besar dengan bentuk menyerupai setengah lingkaran. Karena adonannya berbeda, bakpia kukus ini terlihat ngembang dan lembab. Sedangkan bakpia kering memiliki kulit tipis berlapis dan crispy sehingga mudah hancur saat digigit.

Bakpia kukus ini terbuat dari tepung, telur, dan gula sebagai bahan utamanya. Begitu juga dengan Mataram Bakpia Kukus yang pembuatannya pun ditunjang dengan bahan baku pilihan yang berkualitas sehingga terjaga cita rasanya. Cara membuat bakpia kukusnya pun diproduksi melalui proses yang higienis serta menggunakan mesin dan peralatan yang tepat guna, serta didukung oleh tenaga kerja lokal yang handal dan kompeten sehingga menghasilkan produk yang bermutu dan berdaya saing.

Variasi Rasa Mataram Bolu Kukus 

Karena udah tertarik duluan sama promo dan memang lagi ada di stasiun, aku coba masuk ke booth Siliwangi Bolu Kukus. Disana sudah tersedia bakpia kukus rasa alpukat mentega, susu cokelat, matcha latte, pisang raja, durian musang king, dan rupanya ada bakpia kukus dengan total 20 varian rasa yang menggugah selera. Dua puluh varian rasa atau isian tersebut diambil dari kekayaan Bumi Mataram.  

Beberapa Variasi Rasa Mataram Bolu Kukus
Beberapa Variasi Rasa Mataram Bolu Kukus

Selain lima rasa yang sudah aku sebutkan tadi, varian lainnya terdiri dari brownies cokelat, black forest, caffe latte, stroberi ciwidey, red velvet, kacang ijo, keju cheddar, pandan wangi, chocoreo lezato, tiramisu crepe, mangga arumanis, choco pandan, rock melon, kurma ajwa, dan nangka madu. Dengan adanya rasa yang beragam ini, kamu sebagai pencinta bakpia kukus bisa punya banyak pilihan untuk mencoba berbagai rasa yang berbeda-beda dan memudahkan calon pembeli untuk memilih rasa sesuai favorit mereka juga, seperti aku yang suka sama alpukat mentega ini.  

Review Mataram Bakpia Kukus

Bakpia yang enak merk Mataram Bakpia Kukus ini punya rasa yang unik menurutku, salah satu yang sudah aku icip adalah alpukat mentega. Aku pikir kuenya akan terasa manis aja, ternyata sekali gigit sudah terasa buahnya. Warnanya pun gak terlihat mencolok, sedikit pudar namun warnanya tetap hijau natural. Teksturnya pun lembab dan empuk. Walau sering dibilang mirip dengan bolu kukus, tekstur bakpia kukus ini lebih berongga dan padat isi. Aromanya pun wangi khas kue yang lagi keluar dari kukusan, gurih, dan gak amis sama sekali.

Isi di setiap kuenya juga cukup banyak, bukan yang cuma secuil di tengah aja tapi full melimpah sampai bisa dirasakan hingga akhir gigitan. Isian berupa custard alpukat mentega yang padat didalamnya ini terasa lumer dimulut, menyatu sempurna dengan kuenya. Cocok banget buat kamu yang suka manis. Setiap satu kemasan bakpia kukus ini beratnya sekitar 30gr aja, jadi cocok untuk camilan siap makan tanpa perlu takut langsung kenyang saat sekali makan.

Review Mataram Bakpia Kukus
Review Mataram Bakpia Kukus

Penyajian tiap kemasan juga cukup aman menurutku. Selain dibungkus plastik tinggal sobek, di dalamnya masih ada cup yang menjadi wadah dari bakpia itu sendiri. Jadi bikin lebih aman dan gak gampang penyok. Kardus kemasannya juga eye catching. Agak lain emang, bentuknya vertikal dan terdapat tempat sobekan mirip kemasan tissue di salah satu sisinya. Jika merasa kesulitan membukanya dari atas, bisa langsung sobek bagian samping aja. Selain itu, tiap kemasan memiliki warna dan motif batik yang berbeda. Motif tersebut sengaja dibuat timbul dan glossy sehingga kesan akhir boxnya terlihat ekslusif.

Satu box Mataram Bakpia Kukus berisi sembilan pcs ini memiliki rasa yang sama didalamnya dan masa kadaluwarsa setiap produk tergantung pada tanggal produksinya. Daya tahan produk kurang lebih bisa mencapai 10 hari pada suhu ruang dari tanggal produksi. Sedangkan jika disimpan dalam kulkas juga akan menambah daya tahan produknya menjadi kurang lebih 20 hari dari tanggal produksi. Jadi, Mataram Bakpia Kukus ini bisa tahan lama ya teman-temanku.

Tempat Mambeli Mataram Bakpia Kukus

Jika kamu mencari bakpia kukus terdekat, kamu bisa langsung datang ke booth Siliwangi Bolu Kukus yang berada di Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, Jogja City Mall, Amplaz, dan Stasiun Solo Balapan. One and only, ini adalah oleh-oleh khas Jogja dan hanya bisa didapatkan di Jogja saja. Semoga kedepannya bisa merambah ke berbagai daerah, aamiin. Jadi, mumpung lagi di Jogja jangan sampai lupa beli ya.

Lokasi Mataram Bakpia Kukus di Stasiun Tugu Yogyakarta
Booth Mataram Bakpia Kukus di Stasiun Tugu Yogyakarta

Mataram Bakpia Kukus harganya cukup terjangkau, saat ini lagi ada promo beli satu produk dari Siliwangi Bolu Kukus bakal dapetin juga satu box gratis Mataram Bolu Kukus. Cukup bayar Rp 35.000 kamu udah bisa dapat keduanya. Di luar promo tersebut, kamu juga masih bisa beli Mataram Bakpia Kukus di harga promo Rp 29.000 saja, lebih murah dan hemat Rp 10.000. Promo ini berlaku dari tanggal 8-16 April 2023. Selanjutnya pada 15 April 2023 booth resmi Mataram Bakpia Kukus launching perdana store-nya di Plaza Malioboro Mall.

Mataram Bakpia Kukus merupakan produk buah tangan yang telah bersertifikasi PIRT dan halal sehingga bisa dikonsumsi oleh semua kalangan. Untuk menjaga ketahanan produk, Mataram Bakpia Kukus sebaiknya disimpan atau ditaruh kulkas agar selalu fresh dan usahakan jangan terpapar cahaya matahari saat berada di suhu ruang. Maksimal tumpukan pada produk juga harus dipastikan tidak lebih dari 6 box pada posisi horizontal supaya tidak penyok dan tetap rapi ketika display di meja ruang tamu.  

Secara keseluruhan, menurutku Mataram Bakpia Kukus ini cocok buat suguhan atau sajian untuk tamu karena bakpia kukus juga menjadi camilan khas Jogja yang menjadi favorit bagi banyak orang. Terbuat dari adonan yang lembut serta diisi dengan berbagai macam custard yang manis dan gurih, bakpia kukus ini memberikan sensasi kenikmatan yang unik dan berbeda dari bakpia tradisional sebelumnya. Selain itu, tersedia juga banyak variasi rasa yang dapat dicoba. Jadi, jangan lupa icip-icip Mataram Bakpia Kukus saat berkunjung ya !

Duakakikuu
Saya senang berwisata dan sangat antusias dengan kuliner. Di blog ini, saya akan berbagi pengalaman dan rekomendasi tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, serta makanan lezat yang dapat ditemukan di Yogyakarta. Ayo ikuti petualangan kuliner dan wisata saya !

Related Posts

Posting Komentar