Ugul-Ugul Kepurun, Destinasi Agroedutourism Yang Cocok Untuk Berbagai Kalangan


Udah pernah dengar "Agroedutourism" ? Berasal dari agro yang berhubungan dengan pertanian dan edu (edukasi). Berarti, wisata untuk belajar tentang tanaman dong ?. Bukan hanya itu saja, tempat wisata ini juga menerapkan pendidikan sekaligus dengan pemahaman di bidang pertanian. Niat mau berwisata eh ternyata bisa sambil belajar juga. Seasik apasih main sambil belajar ? Ternyata memang ada tempat yang cocok banget nih ternyata.

UGUL-UGUL KEPURUN
Setelah beberapa minggu lalu main ke Kaliurang, tepatnya di Bunker Kaliadem dan Plunyon, aku baru tau ternyata disekitar sana ada objek wisata yang bikin penasaran. Dari awal masuk, terdapat tulisan besar bernama Ugul-Ugul. Lucu gak sih namanya ? Ternyata Ugul-Ugul yang dimaksud ini memiliki arti unggul. Destinasi ini milik PT. Kepurun Pawana Indonesia (PT. KPI). Lebih tepatnya tempat ini merupakan objek wisata Agrobisnis yang disertai dengan nuansa pedesaan yang sejuk, alami dan asri yang terletak di lereng Gunung Merapi, lokasinya di desa Kepurun yang berada di perbatasan Kota Yogyakarta dan Klaten.


Selain dijadikan sarana untuk berwisata melepas penat dan kejenuhan, destinasi ini cocok untuk berbagai kalangan, mulai dari anak - anak Paud, TK, pelajar, mahasiswa, pegawai, sampai dengan pensiunan serta masyarakat umum juga akan mendapat pengetahuan tentang dunia pertanian, peternakan, perikanan, dari budidaya hingga pengolahan hasil produksi. Berada di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut, udara di Ugul-Ugul Kepurun sangatlah sejuk. Ditambah lagi dengan lahan seluas 3.5 hektare yang masih banyak dijumpai tumbuhan dan pepohonan yang rindang. Tak hanya belajar, di tempat ini ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk bersenang-senang.

WAHANA AIR DAN PEMANCINGAN
Setelah melewati pintu masuk, wisatawan langsung disuguhi dengan pemandangan dua kolam yang cukup besar. Sisi kanan di gunakan untuk wahana air bebek kayuh. Setidaknya terdapat enam bebek kayuh dengan warna dan bentuk yang beragam. Untuk memainkan wahana ini wisatawan dikenakan biaya sebanyak Rp 20.000 dengan durasi waktu selama 60 menit. Gimana, dijamin puas kan ya ? Kemarin aku mencoba wahana ini dengan memilih bebek berwarna kuning. Semua bebek kayuh disini terlihat bersih dan terawat, makin nyaman saat menjajalnya. Apalagi dilengkapi dengan pelampung untuk wisatawan, dijamin aman deh.


Satu spot lagi yang menarik di kolam ini adalah taman kecil yang berada di tengah kolam, untuk menyebranginya harus melewati jembatan bambu bercat putih yang dihiasi dengan tanaman rambat. Pengunjung yang akan melewatinya seolah-olah akan diantarkan ke suatu negeri dalam dongeng.


Untuk kolam pemancingan berada disisi kiri. Luas dan terlihat bersih tanpa ada sampah yang mengapung. Kolam pemancingan ini berisi berbagai jenis ikan tawar, salah satunya nila. Namun, dibeberapa kali event besar berkonsep Catch and Release (CnR) kolam ini sering disisi dengan ikan-ikan monster seperti aligator dan bawal berukuran lebih dari 5kg. Dalam konsep ini, ikan yang berhasil ditangkap akan dilepaskan kembali. Biaya yang harus dibayarkan saat memancing di Ugul-Ugul yakni Rp 100.000 dan para pemancing akan mendapatkan voucher yang bisa ditukarkan untuk bersantap di Ugul-Ugul Resto. Untung ga tuh ? hobi tersampaikan, senengnya dapat, kenyangnya juga dapat.


OUTBOUND DAN CAMPGROUND
Ugul-Ugul Kepurun memiliki lahan yang luas untuk mendirikan tenda, biasanya selain untuk camping disini juga bisa digunakan sebagai lokasi wedding outdoor. Bahkan salah satu event besar yang pernah diterima oleh pihak pengelola adalah dari komunitas jeep yang beranggotakan lebih dari seratus orang. Kebayang dong seluas apa tempatnya.


Lanjut berjalan ke arah utara, wisatawan akan menjumpai lahan outbound yang di lengkapi dengan jembatan gantung, jembatan tali, jaring laba, kolam ikan, dan masih banyak lagi. Sudah luas, lengkap lagi. Jujur saking senengnya lihat rumput yang hijau kayak pengen menggelinding kan diri wkwk, abaikan. Lokasi outbound ini juga dilengkapi dengan spot foto yang kekinian seperti ruang telepon, tiang-tiang lampu tempo dulu, ayunan, dan lainnya. Di area ini juga ada beberapa kandang yang didalamnya di isi dengan berbagai jenis burung dan unggas.


EDUCATION FARMING
Banyak hal yang bisa dipraktekkan di Ugul-Ugul Kepurun. Berbagai jenis buah dan sayuran bisa ditemukan disini. Cara penanamannya pun beragam seperti hidroponik, aquaponik, dan verticulture. Di dalam greenhouse sayuran dan buah, pengunjung juga bisa memetik dan mencicipi nya secara langsung. Paket yang tersedia meliputi praktek menanam di sawah dan praktek menanam di dalam polybag.


Di bidang pertanian ini, Ugul-Ugul Kepurun juga telah dilengkapi dengan alat-alat canggih yang membantu dalam pembuatan bio gas dan pupuk kompos. Praktek lain yang bisa dipilih antara lain praktek membuat telur asin, pengolahan bakso, nuggets, susu, dan aneka keripik buah seperti pisang, nanas, salak, dan nangka.


Tak berhenti hanya di bidang pertanian, Ugul-Ugul Kepurun juga memiliki peternakan sendiri. Selain untuk budidaya ataupun koleksi, beberapa hewan juga diperjual belikan. Beberapa jenis ikan juga terlihat di kolam dalam ruangan khusus, namun ada juga yang kembangbiakkan di kolam terbuka yang juga ditumbuhi azolla, tanaman apung yang jadi makanan kesukaan ikan.


Kambing disini juga ada beberapa jenis, salah satu yang unik adalah kehadiran domba Merino. Domba asal Spanyol yang biasa dipelihara untuk diambil wolnya, bentuknya besar dan memenuhi kandang. Hewan lainnya ada kuda, rusa, sapi, dan kerbau. Pertama kalinya juga nih aku lihat kerbau albino disini, matanya merah, bentuknya super besar, dan berwarna putih kemerahan.

UGUL-UGUL RESTO
Dengan luas lahan hampir 4 hektare, untuk mengelilingi nya pasti menguras tenaga. Setelah lelah berkeliling dan melakukan banyak aktivitas, tidak ada salahnya untuk mencicipi masakan di Ugul-Ugul Resto. Dari sekian banyaknya makanan dan minuman yang ditawarkan dalam buku menu, yang menjadi andalan dan sering di pesan oleh wisatawan adalah paket nila bakar yang terdiri dari nasi, lalapan, sambal, tempe, dan ikan. Selanjutnya ada sup ikan nila yang dimasak bersama daun kemangi, potongan cabai, dan diberi jeruk nipis agar terasa asam nan segar. Terakhir, untuk minumannya ada es kelapa muda yang bisa request tambah gula pasir ataupun gula merah.


Soal rasa ? enak tenan. Manis dan gurihnya ikan terasa pas, dagingnya yang moist membaur dengan nikmatnya sambal matang yang disantap bersamaan dengan lalapan. Berbeda dengan supnya yang terdiri dari ikan nila berukuran lebih besar, dimasak dengan cara direbus, dan memiliki rasa asam, gurih serta segar dari jeruk nipis dan kemangi. Berikut adalah serba serbi menu lain yang ditawarkan, ada Nasi Goreng, Kambing Gunung, Paket Ikan/ayam, aneka sambal, dan berbagai jenis camilan. Minumannya pun beragam mulai dari wedang hingga minuman kekinian.


Setelah seharian berada di Ugul-Ugul Kepurun, wisatawan bisa sekalian menginap di tempat ini. Tenang, tak hanya menyediakan tempat bermalam berupa tenda saja namun disini sudah dilengkapi dengan akomodasi lain berupa gueshouse. Kamarnya banyak, tempatnya bersih, halamannya luas dan sejuk disertai fasilitas yang lengkap.


Fasilitas dan daya tarik lain di Ugul-Ugul Kepurun antara lain ada kantor, asrama, ruang meeting, ruang kelas, ruang makan, musholla, rumah pemasaran, fotocopy, wifi area, spot foto, taman bunga, dan ATV.

LOKASI DAN TIKET MASUK
Ugul-Ugul Kepurun beralamat di Jl Pasar Butuh Baturan, Dusun 1, Kepurun, Manisrenggo, Klaten Regency, Central Java 55583. Berada persis di perbatasan antara Kota Yogyakarta dan Klaten. Jam operasionalnya mulai buka pukul 09.00 hingga 21.00 WIB di hari Senin sampai Minggu. Tidak ada transportasi umum yang menjangkau hingga ke lokasi. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau sewa bus. Lokasi mudah ditemukan melalui google maps dengan kondisi jalan cukup baik dan beraspal. Untuk saat ini tiket masuknya gratis dan hanya membayar biaya parkir saja. Sedangkan untuk memancing dan wahana lainnya akan dikenakan biaya terpisah. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi 0857-8680-8616 dan jangan lupa kepoin instagramnya di https://instagram.com/ugulugul_kepurun atau kunjungi websitenya www.ugulugul.com



You Might Also Like

19 komentar

  1. Tempat wisata yang super lengkap nih, cocok buat berekreasi dengan keluarga, teman maupun belajar mengenal dunia pertanian. Selain itu terasa masih alami dan udaranya sejuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar, cocok untuk wisata sekeluarga. ibu anak bs main bebek2an, ayah bs memancing. waah senangnyaaa. belum lg makanan yg dijual di sana pun bs ditukar dari tiket memancing

      Hapus
  2. Wow menarik ya. Insyaallah jika ada kesempatan bakal ke sana. Untuk berlibur sekaligus belajar tentang pertanian

    BalasHapus
  3. Saya pernah ke bunker Kaliadem tapi baru tahu juga kalau di sekitar situ ternyata ada objek wisata ugul2 kepurun, kayaknya menarik juga utk dikunjungi.

    BalasHapus
  4. Saya tadi baru saja lihat wisata Ugul-Ugul di instgram, Mbak Ika. Dan langsung mupeng. Eh.. makin mupeng setelah baca cerita lengkapnya di sini. Kalau wisata bareng seluruh keluarga, semuanya happy ya, Mbak. Soalnya komplit sekali.

    BalasHapus
  5. iya ya namanya lucu Ugul-Ugul :D tapi bikin penasaran untuk dikunjungin. Ternyata bagus yaa tempatnya, suka banyak hijau-hijau jadi bisa buat tempat refreshing

    BalasHapus
  6. Kayaknya seru banget.ini bisa.jalan-jalan sekaligus belajar
    Tempat-tempatnya juga asik. Bisa ajak keluarga.pasti seneng banget.

    BalasHapus
  7. Wah.. kereen banget ini. Selalu suka dengan tempat wisata bernuansa Alam dan Ada sisi edukasinya. Jadi bisa mengajak anak mencintai Alam ciptaan semesta dan belajar banyak Hal. Catet aah nomor kontaknya siapa tahu one day bisa mampir ke Sana.

    BalasHapus
  8. Wow bikin takjub mbak. Ugul-ugul Kepurun, dari namanya bikin penasaran. Ternyata tempatnya sangat menarik.
    Untuk berwisata pun juga bikin puas. Apalagi ada fasilitas penunjang, pastinya juga sering dimanfaatkan pengunjung untuk berbagai kepentingan ya.

    BalasHapus
  9. Tempat wisatanya serba menyegarkan ya. Eksterior bangunannya, pepohonan yang rindang, juga menu-menu kulinernya. Liburan pun jadi ekstra menyenangkan. Asyik ^^

    BalasHapus
  10. Paling asik ke tempat wisata yang begini, ga mahal tapi lumayan bisa buat ngabisin quality time dengan keluarga.

    BalasHapus
  11. Namanya lucu ya, Ugul-ugul Kepurun ini. Mana fasilitasnya lengkap banget. Main ke sini bareng keluarga juga bakal seru ya, ada permainan air, juga sudah ada restonya. Mau catat ah kontaknya, siapa tahu berkesempatan ke Jogja dan bisa main ke sana

    BalasHapus
  12. Tempat wisata yang asri dan edukatif ya :) kalau anak-anak diajak wisata ke sini pasti betah banget deh.
    Mesti jadwalkan traveling bareng keluarga kesini liburan nanti. Gak sabar untuk lihat langsung.

    BalasHapus
  13. Awalnya penasaran, Ugul-ugul itu apa. Eh ternyata setelah dibaca nama tempat wisata toh. Seru nih kayaknya mbak. Banyak spot-spot edukatif yang cocok buat si kecil

    BalasHapus
  14. Lengkap banget ada edukasinya, makanannya, sama liat ternak2nya. Ini sih cocok buat mahasiswa pertanian atau anak2 yang mau masuk jurusan pertanian nih, sumpa kak aku jd mau k sana juga eh

    BalasHapus
  15. saya sua banget destinasi lokasi wisata ini sangat cocok banget buat saya yang ingin melihat langsung dan belajar tentang ternak hehe

    BalasHapus
  16. Sekarang makin banyak ya jenis wisata yang tujuannya bukan sekadar jalan2 dan refreshing saja tapi nambah imu juga seperti berwisata ke ugul-ugul kepurun ini. View tempatnya kelihatan menarik, kulinernya juga menggoda deh. :)

    BalasHapus
  17. Tempat wisata yang meski 4 hektar dan bisa menguras tenaga buat jalan gini sebenarnya bagus lho buat memancing tubuh sekeluarga buat "bergerak" ... enak buat destinasi wisata sekeluarga :)

    BalasHapus
  18. mau tanya untuk harga maemnya brp ya

    BalasHapus