Asik! Destinasi Digital Pasar Banyunibo


Kamu pernah ke candi? Ada apasih di candi? Pasti semua tau ya, candi merupakan sebuah bangunan keagamaan tempat ibadah peninggalan dari peradaban Hindu-Buddha yang dihias dengan berbagai macam ukiran. Salah satunya di Yogyakarta yaitu Candi Banyunibo. Kalau kamu berkunjung ke candi, apa yang kamu cari? Belajar sejarah, berfoto, cari makan atau sekedar main sama temen? Setelah belajar mengenai candi Banyunibo, kamu bisa menikmati fasilitas yang tersedia di Pasar Banyunibo.
Lokasinya berada di selatan Situs Ratu Boko, tepatnya di Komplek Candi Banyunibo yang ada di dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Sleman dan pasarnya sendiri ada disebelahnya. Untuk menuju tempat ini membutuhkan waktu sekitar 40 menit dari Kota Yogyakarta. Gimana, jauh tidak dari rumahmu? Yuk keluar rumah, kita main bareng.

Pasar Banyunibo merupakan salah satu destinasi digital yang diinisiasi oleh komunitas GenPI Jogja. Waktu itu aku datang bersamaan dengan acara hut GenPI Jogja. Untuk menuju ke lokasi aku mengandalkan Gmaps dan papan arah di sekitar jalan. Hamparan sawah yang menyejukkan mata dan padi yang menguning seakan membawa kegembiraan ketika tiba di tempat. Halaman parkir luas, terdapat mushola, toilet, dan fasilitas lainnya. Selain itu berbagai permainan tradisional juga tersedia di sini. Seperti Kitiran, Egrang, Long Bambu, dan congklak. Panggung sederhana dengan bentuk yang berbeda, dihiasi ranting-ranting yang berbentuk unik disertai sorot lampu yang warna-warni, dengan latar belakang candi membuat penampilan panggung menjadi lebih indah. Berbagai macam kuliner tersedia di pasar banyunibo, ada nasi telang, pecel, sego wiwit, soto, kolak, jenang, dawet,  dan lainnya. Untuk pembayaran cukup unik, tukarkan uangmu terlebih dahulu dengan koin kayu untuk jajan. Bangunan pasarpun dibuat dengan sedemikian rupa menambah nuansa pedesaan sehingga membuat orang yang berkunjung merasa nyaman dan menikmatinya. Apalagi ditambah dengan pertunjukan seni tari, stand up comedi, dan workshop penulisan lagu. 

Pasar Banyunibo buka setiap hari Minggu jam 07.00-12.00. Jadi, Bagaimana jika akhir pekan ini kita pergi ke sana.

Komentar

Posting Komentar