Beradaptasi Menjadi Masyarakat Informasi Masa Kini

Posting Komentar
Sumber Foto: https://pin.it/hjSbp8z

Beberapa tahun belakangan ini jaman telah berubah dan semakin berkembang. Semua perubahan yang terjadi juga mempengaruhi pola hidup masyarakat di dunia. Setelah melewati periode masyarakat agraris dan masyarakat industri, kini perubahan besar terjadi di era masyarakat informasi. Lantas apasih yang dimaksud dengan masyarakat informasi ?

Masyarakat Informasi merupakan masyarakat yang melakukan kegiatan distribusi, penggunaan, dan manipulasi informasi dalam aktivitas Ekonomi, Politik, dan Budaya secara signifikan. Tujuannya untuk mendapatkan keuntungan kompetitif secara internasional melalui penggunaan Teknologi Informasi dengan cara kreatif dan produktif. Orang-orang yang memiliki sarana dalam masyarakat tersebut disebut sebagai warga Digital. Sumber: Wikipedia

Untuk perubahan terbesar yang pernah saya alami di era ini adalah ketika teknologi mampu menghasilkan informasi yang sangat tinggi, baik untuk berinteraksi dengan orang lain maupun untuk menunjang pekerjaan dan aktivitas lainnya. Hingga akhirnya saya menjadi salah satu masyarakat yang bergantung pada inovasi teknologi yang terus berkembang saat ini. Rasanya hidup ini tak berarti bila tanpanya. Bahkan kebutuhan tenaga kerja di bidang informasi juga semakin banyak, sayang sekali kan jika kita hidup di era ini tapi tak pandai di bidang informasi. Budaya dalam kehidupan sehari-hari juga banyak berubah. Perubahan ini juga terjadi karena adanya media sosial. Rasanya Medsos mampu mengubah segalanya, dari hal yang biasapun bisa jadi viral dan mendadak terkenal. Tak hanya hal-hal positif yang didapatkan, kadang hal negatif pun bisa menyebar dengan mudah, salah satu contohnya adalah munculnya hoax.

Ketergantungan saya terhadap teknologi informasi semakin tinggi. Banyak waktu yang saya habiskan untuk berhubungan dengan teknologi informasi, mulai dari lihat video di youtube, menulis di blog dan berselancar di media sosial seperti Instagram. Bagaimana lagi ? Mau tidak mau saya dituntut untuk mampu beradaptasi dengan gaya informasi seperti saat ini. Cara beradaptasi saya cukup mudah sebenarnya, salah satunya adalah gunakan dan manfaatkan teknologi secara maksimal, buang jauh hal-hal yang merugikan dan jangan terlalu menggantungkan diri pada teknologi karena kita juga butuh berinteraksi langsung dengan sesama. Terus gimana lagi nih cara adaptasi biar diri ini tetep update tanpa harus bergantung sepenuhnya ? Tunggu artikel berikutnya ya

Baca juga Review Handphone Dari Yang Jadul Sampai Mantul

- Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Informasi Pariwisata dan Hospitality
Duakakikuu
Saya senang berwisata dan sangat antusias dengan kuliner. Di blog ini, saya akan berbagi pengalaman dan rekomendasi tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, serta makanan lezat yang dapat ditemukan di Yogyakarta. Ayo ikuti petualangan kuliner dan wisata saya !

Related Posts

Posting Komentar