Yogyakarta Independent School Talent Show, All You Can Eat and Art Bazaar

Posting Komentar

 

Yogyakarta Independent School Talent Show, All You Can Eat and Art Bazaar. Mumpung ada kesempatan, saya berkunjung ke satu-satunya sekolah IB di Yogyakarta untuk menyaksikan sebuah pertunjukan bakat, lebih tepatnya berada di kampus YIS. Awalnya, saya kira YIS ini adalah singkatan dari Yogyakarta Internasional School ternyata sudah berganti menjadi Yogyakarta Independent School sejak tahun 2014. Speechless ! Baru pertama kali masuk YIS ternyata tempatnya luas banget, ada lapangan sepak bola standar internasional juga. Bahkan tempat ini dikelilingi taman, jadi makin unik nan estetik. Padahal belum masuk ke gedung utama tapi sudah amazed dengan pemandangan yang begitu segar dan lega ditambah dengan sambutan hangat dari dua orang satpam yang ramah. Kesan pertama yang begitu baik.

Mengingat bahwa 3 tahun yang lalu pandemi melanda dan memaksa semua lembaga termasuk pendidikan untuk melakukan kegiatan yang serba terbatas, tahun ini YIS kembali mengadakan acara pertunjukan bakat bersama seluruh anggotanya untuk saling berkolaborasi dan tampil pada hari Selasa 31 Mei 2022. Acara berlangsung dengan sangat menyenangkan. Para siswa, orang tua, dan staf pengajar menampilkan bakat-bakat mereka yang luar biasa di atas panggung secara bergantian. Tema kegiatan kali ini adalah kuliner dan festival bakat.

Pertunjukan pagi itu diawali dengan penampilan bakat dari beberapa siswa yang bernyanyi dengan didampingi seorang guru yang memainkan alat musik berupa gitar. Mereka terlihat sangat semangat hingga membuat semua penonton merasa antusias untuk mendengarnya. Pertunjukan hari ini tidak hanya menampilkan satu atau dua bakat saja, adapula yang menari, bermain sulap, teater, eksperimen, hingga menjadi seniman lukis. Para siswa YIS tampil dengan sangat percaya diri dengan kreatifitas yang mereka miliki. Tidak hanya orang tua, mereka juga saling memberi semangat antara satu dengan yang lainnya ketika ada yang sedang naik diatas panggung. Dari semua pertunjukan inilah pada puncak acara telah diumumkan 3 kategori terbaik yang terdiri dari pementasan terbaik, kreativitas serta orisinalitas terbaik, dan paling berbakat. Walaupun hanya 3 kategori saja, sebenarnya sulit untuk memilihnya. Pada akhirnya semua penampil mendapat penghargaan dan hadiah masing-masing.

Acara yang berlangsung di lapangan basket YIS ini disiapkan oleh OSIS dan para siswa kelas 8. Tidak hanya membantu, para siswa tersebut juga menyajikan makanan mereka masing-masing yang merupakan masakan asal Spanyol, Prancis, dan Indonesia untuk para penonton melalui stand mini. Produk bazar yang dijual bukan hanya makanan, namun juga minuman segar hingga kerajinan tangan. Melalui bazar ini, para siswa sekolah dasar dan menengah diberikan kesempatan untuk merayakan proses belajar dan menyelesaikan tahun ajaran terakhir dengan penuh gaya.

Mengikuti kurikulum IB, sekolah ini tidak kekurangan orisinalitas dalam hal pendidikan, bahkan dalam setiap kesempatan YIS juga memberikan ruang bagi siswa untuk belajar melalui situasi yang nyata dan bermakna. Dengan adanya bazar ini juga menjadi momen untuk mengajarkan para siswa dalam berkomunikasi visual, memahami elemen branding, hingga cara mengaplikasikan serta mendokumentasikannya.

For your information, IB (International Baccalaureate) merupakan yayasan pendidikan internasional yang telah dirancang untuk mempersiapkan siswa menemukan tempat mereka sendiri sehingga dapat unggul di dunia. Kurikulum IB berfokus mempersiapkan siswa untuk berhasil dalam berpikir kritis dan mandiri. Yayasan ini berkantor pusat di Jenewa, Swiss dan ditujukan untuk anak dengan usia usia 3 hingga 18 tahun. YIS menawarkan rangkaian lengkap pendidikan IB yang terdiri dari Program Tahun Dasar (PYP), Program Tahun Menengah (MYP) dan Program Diploma (DP). Semua laporan, ijazah dan sertifikat yang dikeluarkan oleh YIS kompatibel dengan sekolah internasional lainnya di Indonesia dan luar negeri, serta dengan universitas di seluruh dunia. Oleh sebab itu YIS jadi rekomendasi sekolah internasional di Yogyakarta yang unggul dalam pendidikan dasar dan menengah internasional berdasarkan kurikulum IB. Untuk informasi lebih lanjut tentang IB dan program-programnya, bisa dilihat websitenya secara langsung di https://ibo.org/ .

Kampus YIS saat ini berada di Jl. Tegal Mlati No.1 Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman. Cukup dekat dengan terminal Jombor dan ringroad utara. Lokasinya terbilang cukup strategis dan berada di lingkungan perumahan yang tenang dengan lahan kampus seluas 6,5 hektar yang terdiri dari kebun raya, senam, dan lapangan olahraga. Selain ruang kelas yang berstandar baik, YIS juga memiliki fasilitas yang lengkap seperti taman bermain hingga perpustakaan. Untuk informasi lebih lanjut seputar sekolah dan biaya Yogyakarta Independent School silahkan hubungi 08112632442 .

Duakakikuu
Hallo ! Salam kenal. Ada banyak hal yang saya gemari, salah satunya menulis disini. Terimakasih telah berkunjung, ikuti juga media sosial saya ya

Related Posts

Posting Komentar