Berkunjung ke Candi Sambisari, Wisata Sejarah di Yogyakarta

Posting Komentar

 

Candi Sambisari Tampang Samping
Candi Sambisari Tampak Samping
Berkunjung ke Candi Sambisari, Wisata Sejarah di Yogyakarta. Setelah beberapa kali hanya lewat saja, akhirnya aku bisa mengunjungi dan mengenal lebih dekat soal bangunan yang luar biasa indah ini. Sayang sekali kan kalau gak kenal, padahal masih tinggal di wilayah yang sama.

Lokasi Candi Sambisari berada di Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Setiap wisatawan yang memasuki area candi akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 6000. Cukup murah untuk kalangan siswa hingga masyarakat umum. Jika kamu hendak berkunjung, aku rekomendasikan buat datang diwaktu pagi atau sore saja. Karena sedang memasuki musim kemarau, cuaca sangat panas kalau datang di siang hari. Untuk pengambilan foto pun bakalan silau. Waktu itu aku berada di lokasi sekitar jam tiga sore dan cuaca mendukung. Candi Sambisari buka dari jam 07.00-16.00 WIB.

Tiket Masuk Kawasan Candi Sambisari
Tiket Masuk Kawasan Candi Sambisari
Candi Sambisari ini ditemukan pada bulan Juli 1966 ketika seorang petani tidak sengaja mencangkul sebuah batu yang merupakan batu candi yang berukir. Setelah melalui penelitian yang cukup panjang, ternyata batu tersebut merupakan bagian kecil dari sebuah gugusan candi yang terpendam hingga kedalaman 6,5 meter di dalam tanah yang merupakan endapan lahar vulkanik gunung Merapi.

Eskavasi arkeologis atau penggalian pun dilaksanakan pada bulan September 1966. Kemudian pada tahun 1975 hingga 1977 tampaklah satu buah bangunan induk dan tiga buah candi perwara yang kondisi semuanya sudah dalam keadaan runtuh kecuali pada bagian tertentu yang masih tampak asli. Bangunan yang sempat menghilang tertimbun endapan lahar Merapi ini merupakan candi Hindu yang dibangun sekitar abad 9 Masehi.

Pada penelitian ini bukan hanya bebatuan candi dan arca saja yang ditemukan, adapula prasasti emas, sejumlah tawan dan cawan perunggu serta gerabah. Seiring berjalannya waktu pemugaran Candi Sambisari selesai di tahun 1986 dan saat ini dijadikan sebagai objek wisata dengan latar belakang cerita sejarah. Jika kamu ingin mendapatkan informasi yang lebih, jangan lupa juga mengunjungi museum mini atau ruang informasi yang ada telah disediakan, letaknya berada dekat dengan loket.

Papan Petunjuk Arah
Papan Petunjuk Arah
Selain untuk belajar dan mengetahui sejarah bangunannya, komplek Candi Sambisari ini memiliki taman yang luas dengan ditumbuhi rumput yang cocok untuk bersantai. Fasilitas yang dimiliki pun cukup lengkap, ada ruang informasi, mushola, toilet, gazebo, dan papan informasi. Dengan begitu pengunjung jadi lebih nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan wisata disini. Jadi, sudah berapa kali kamu kesini ?


Duakakikuu
Hallo ! Salam kenal. Ada banyak hal yang saya gemari, salah satunya menulis disini. Terimakasih telah berkunjung, ikuti juga media sosial saya ya

Related Posts

Posting Komentar