Rasa yang ada: Disawa Pawon, Tempat Santai Untuk Bersantap




Akhir-akhir ini hoax semakin bermunculan. Politik semakin memanas. Berita di TV biasanya korupsi dan kriminalitas. Tugas kampus juga menumpuk tiada habisnya. Di rumah terus juga bosen. Benar-benar memang benar!  rasanya aku ingin pergi melepas penat yang tak beraturan. Aku harus keluar rumah dan mencari sesuatu yang baru. 




Yang benar saja, aku bertemu dengan rumah makan dengan suasana yang berbeda namanya Disawa Pawon, terletak di Jalan Sawahan Lor, Demangan, Wedomartani, Ngemplak Sleman yang lokasinya tak jauh dari objek wisata Blue Lagoon. Untuk lebih mudahnya bisa dicari menggunakan GPS. Karena warnanya yang mencolok, rumah makan ini mudah untuk ditemukan. Saat sampai, kuparkirkan motor di halaman yang begitu luas dan terlihat anyaman bambu berukuran besar bertuliskan Disawa Pawon dengan penuh warna. Seketika aku merasa pulang ke rumah sendiri melihat rumah berbentuk limasan dengan cat berwarna kuning dan hijau disertai hasil panen berupa padi dan jagung yang masih digantung dan iringan lagu lama mengingatkanku pada masa kecil. Jauh dari hiruk pikuk dan bisingnya kota menjadi daya tarik tersendiri di rumah makan ini.




   

 

Selain bercocok tanam dan berfoto memakai kostum atau atribut yang telah disediakan, Disawa Pawon juga menawarkan berbagai olahan makanan dan minuman tradisional. Pengunjung dapat melihat bahan-bahan masakan yang akan diproses dan melihat secara langsung bagaimana memasak dengan menggunakan kayu bakar. Satu hal yang membuat rasa masakan enak dan berbeda yaitu bahan-bahannya yang didatangkan dari daerah tersebut dan diambil langsung dari panen sendiri yang kemudian baru diolah, membuat masakan memiliki cita rasa yang fresh atau segar, misalnya menu yang kunikmati siang ini yaitu satu paket Nila goreng berisi ikan goreng dengan rasa yang enak, sambal yang pedas tapi nagih, sayur, tahu, nasi berbentuk tumpeng yang terdiri dari beras merah dan putih, dan sate lilit dengan rasa khas rempah-rempahnya. Porsinya benar-benar membuat perut kenyang sesuai dengan harganya. Harga makanan sangat terjangkau mulai dari Rp5.000 hingga Rp25.000.  Begitu juga dengan minumannya, dengan harga Rp5.000 hingga Rp20.000 sudah bisa memilih berbagai macam minuman seperti teh, jeruk, softdrink, jamu, aneka macam kopi, dan minuman khas seperti es teler disawa.




Tempat makan yang baru buka satu bulan ini begitu nyaman dan membuat pengunjung betah di sini. Ruangan yang tak bersekat dan begitu luas membuat pengunjung tak perlu risau untuk memilih tempat duduk. Disediakan meja kursi di teras depan rumah membuat tamu bisa bersantap sambil menatap hamparan sawah, jalan bebatuan, dan taman bunga yang berwarna-warni. Tapi bisa juga nih bersantap di dalam sambil melihat pemandangan berupa gunung merapi pada waktu pagi atau siang hari. Rumah makan yang telah banyak didatangi tamu dari mancanegara maupun lokal ini buka pada pukul 11.00 hingga 21.00 WIB


Memanfaatkan properti yang ada hehe ^.^




Komentar

Posting Komentar