Hits !! 360 Dome Theatre Sebagai Wisata Baru di Jogja

(Tampak dari luar. Doc.Pribadi)

Kalau pas puasa gini, lihat foto diatas kok mirip mochi isi es krim ya ? Duh bahaya ini yang dipikir kok makanan terus. Daripada puasa-puasa gini mikirin makanan, mending jalan-jalan kuy ! Di Jogja kan ada banyak objek wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam, sejarah, kuliner, dan masih banyak lagi. Semua pilihan wisata tersebut sudah tersaji di berbagai media sosial yang dapat dicari dalam satu genggaman melaui teknologi yang saat ini digemari. Yup Smartphone namanya.

(Pintu masuk 360 Dome Theatre dan Cafe. Doc. Pribadi)

Bicara soal teknologi, ada loh wisata edukasi berbasis teknologi yang benar-benar canggih, namanya 360 Dome Theatre. Harus ke luar negeri dulu ya ? Korea atau Hongkong nih ? Bukan dong. Tak perlu -jauh lagi untuk menemukannya. Karena saat ini 360 Dome Theatre telah hadir di Jogja sejak diresmikannya pada 1 Mei 2019 yang lalu.


360 Dome Theatre berada di Komplek Pyramid Jalan Parangtritis Km 5,5 Bangunharjo, Tarudan, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Lebih mudah ditemukan juga karena bisa dicari menggunakan Google Maps. Karena jaraknya sekitar 6 Km dan tidak jauh dari Malioboro, perjalanan dapat ditempuh sekitar 10-20 menit menggunakan kendaraan bermotor dengan lalu lintas lancar.

Untuk tiket masuk pengunjung akan dikenakan biaya per orang sebesar Rp 25.000 untuk umum dan Rp 15.000 untuk anak-anak dengan usia 2-5 tahun. Mulai tanggal 30 Mei 2019, 360 Dome Theatre mulai buka jam 14.00 dan film nya juga tayang pada jam 17.00 , 18.00, 19.00, 20.00, dan 21.00. Sebelum memasuki bagian dalam 360 Dome Theatre pastikan untuk baca tata tertib terlebih dulu, seperti dilarang membawa makanan dan minuman, dilarang merokok, HP di mode silent, dan masih banyak lagi.

(Pintu masuk dome. Doc.Pribadi)

Saat memasuki 360 Dome Theatre pengunjung akan disambut dengan udara yang dingin dari AC dan proyektor canggih berbentuk kubah raksasa disertai audio dan sound efek yang memuaskan. Tentunya dilengkapi dengan lantai yang beralaskan rumput sintetis sehingga membuat pengunjung sangat nyaman untuk duduk maupun berbaring sambil melihat layar yang begitu besar.

(Doc.Pribadi)

Film yang di putar juga beragam, salah satunya berjudul Amazing Planet yang disampaikan menggunakan Bahasa Inggris. Didalamnya menceritakan bagaimana terbentuknya bumi, dan planet-planet sekitarnya. Serunya lagi, ada video kompilasi berupa animasi yang seolah-olah membuat penonton seperti melihat film 3D. Keren kan ya.

(Area Dome Cafe. Doc. Pribadi) 

Selain nonton film, pengunjung juga bisa mampir ke food court di area Dome Cafe. Banyak menu yang dapat dipesan di tempat ini. Ada seblak, bakmi jawa, kebab, mie ayam bakso, dan makanan cepat saji lainnya. Sedangkan untuk minumannya juga beragam pilihannya.  Ada aneka soda, aneka teh, kopi, dan lain-lain. Harganya terjangkau mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 25.000. Kalau yang jadi menu favoritku adalah dimsum, karena rasanya yang memang enak. Kebab juga aku suka. Eh tapi semua juga enak ding.

(Suasana Dome Cafe malam hari. Doc. Pribadi) 

Selain tempatnya yang luas, suasananya juga nyaman dan terlihat bersih secara keseluruhan. Apalagi saat suasana malam, lampu-lampu mulai menyala dan mempercantik tempat ini. Selain food court , fasilitas lain yang disediakan adalah lahan parkir yang luas, mushola, toilet dan yang tak kalah ketinggalan adalah beberapa spot foto yang disediakan oleh pengelola.

(Beberapa spot foto. Doc.Pribadi) 

Menurutku 360 Dome Theatre yang ada di Yogyakarta ini memberikan pengalaman yang sangat menghibur, mengedukasi, dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga maupun teman.

Komentar