Pelatihan Membuat Press Release di Brainspot Coworking Space Sleman City Hall

by - Desember 13, 2019

Press Release

Pelatihan Membuat Press Release di 
Brainspot Coworking Space Sleman City Hall


Sleman, 6 Desember 2019. GenPi Jogja mengadakan pelatihan membuat press release bersama Iwan Pribadi. Acara ini berlangsung di lantai satu Sleman City Hall tepatnya berada di Brainspot Coworking Space yang dihadiri oleh beberapa anggota GenPi Jogja. Acara ini bertujuan untuk saling menambah ilmu terutama dalam membuat press release.

Acara yang dimulai sejak pukul 19.30 WIB di isi langsung oleh pemateri Iwan Pribadi dan diikuti oleh anggota GenPi Jogja yang telah lolos mengikuti seleksi pendaftaran beberapa hari sebelumnya. Materi yang disampaikan pun beragam, mulai dari mengenal apa itu press release hingga cara membuatnya.

"Membuat press release harus melihat dari sudut pandang media dan tidak semua peristiwa juga dibuatkan press release" ungkap Iwan di awal pembahasan. Beliau juga memaparkan terkait hal-hal penting yang sebaiknya diperhatikan, antara lain adalah mengetahui siapa audiens yang akan dituju, memiliki tujuan, memiliki nilai tayang yang tinggi, memperhatikan waktu, dan tidak harus kronologis namun tetap tertata. Seperti membuat berita pada umumnya, press release juga terdiri dari 5W 1H. Berbeda dengan Iwan yang mengenalkan istilah baru berupa "Adik Simba" yang terdiri dari pertanyaan apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

"Buat judul yang jelas, singkat, menarik dan jangan clicbait" kata Iwan saat menjelaskan materi mengenai cara mengemas atau pembuatan press release. Dalam pembuatannya,  perlu juga di ingat untuk menggunakan kalimat aktif. Setelah judul, masih dilanjutkan dengan lead atau paragraf pertama yang merupakan ringkasan isi dari press release itu sendiri. Paragraf inilah yang nantinya akan membuat pembaca mengetahui apa yang akan di bahas nantinya. Sedangkan untuk penjelasan lebih detail terkait 5W 1H terdapat pada bagian body, setelah paragraf pertama. Disinilah kutipan dari tokoh-tokoh yang paling berperan dalam acara disematkan. Bagian terakhir dalam press release adalah penutup. bagian ini lah yang terdiri dari kontak person, informasi tambahan, editorial note, dan call to action. Terakhir, jika press release akan dikirim, subjek email harus jelas dan tidak dikirim diwaktu yang mendadak. Akhir dari acara pelatihan membuat press release ini ditutup dengan diskusi dan foto bersama.

Contact Person :
Mbak Yang Ini +6288765432111

Editorial Note :
GenPi Jogja adalah kumpulan relawan pegiat media sosial yang terdiri dari para fotografer, videografer, dan blogger yang selalu tertarik membahas dunia pariwisata.

You May Also Like

0 komentar