Langsung ke konten utama

Pelatihan Membuat Press Release di Brainspot Coworking Space Sleman City Hall

Press Release

Pelatihan Membuat Press Release di 
Brainspot Coworking Space Sleman City Hall


Sleman, 6 Desember 2019. GenPi Jogja mengadakan pelatihan membuat press release bersama Iwan Pribadi. Acara ini berlangsung di lantai satu Sleman City Hall tepatnya berada di Brainspot Coworking Space yang dihadiri oleh beberapa anggota GenPi Jogja. Acara ini bertujuan untuk saling menambah ilmu terutama dalam membuat press release.

Acara yang dimulai sejak pukul 19.30 WIB di isi langsung oleh pemateri Iwan Pribadi dan diikuti oleh anggota GenPi Jogja yang telah lolos mengikuti seleksi pendaftaran beberapa hari sebelumnya. Materi yang disampaikan pun beragam, mulai dari mengenal apa itu press release hingga cara membuatnya.

"Membuat press release harus melihat dari sudut pandang media dan tidak semua peristiwa juga dibuatkan press release" ungkap Iwan di awal pembahasan. Beliau juga memaparkan terkait hal-hal penting yang sebaiknya diperhatikan, antara lain adalah mengetahui siapa audiens yang akan dituju, memiliki tujuan, memiliki nilai tayang yang tinggi, memperhatikan waktu, dan tidak harus kronologis namun tetap tertata. Seperti membuat berita pada umumnya, press release juga terdiri dari 5W 1H. Berbeda dengan Iwan yang mengenalkan istilah baru berupa "Adik Simba" yang terdiri dari pertanyaan apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

"Buat judul yang jelas, singkat, menarik dan jangan clicbait" kata Iwan saat menjelaskan materi mengenai cara mengemas atau pembuatan press release. Dalam pembuatannya,  perlu juga di ingat untuk menggunakan kalimat aktif. Setelah judul, masih dilanjutkan dengan lead atau paragraf pertama yang merupakan ringkasan isi dari press release itu sendiri. Paragraf inilah yang nantinya akan membuat pembaca mengetahui apa yang akan di bahas nantinya. Sedangkan untuk penjelasan lebih detail terkait 5W 1H terdapat pada bagian body, setelah paragraf pertama. Disinilah kutipan dari tokoh-tokoh yang paling berperan dalam acara disematkan. Bagian terakhir dalam press release adalah penutup. bagian ini lah yang terdiri dari kontak person, informasi tambahan, editorial note, dan call to action. Terakhir, jika press release akan dikirim, subjek email harus jelas dan tidak dikirim diwaktu yang mendadak. Akhir dari acara pelatihan membuat press release ini ditutup dengan diskusi dan foto bersama.

Contact Person :
Mbak Yang Ini +6288765432111

Editorial Note :
GenPi Jogja adalah kumpulan relawan pegiat media sosial yang terdiri dari para fotografer, videografer, dan blogger yang selalu tertarik membahas dunia pariwisata.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rasa yang ada: Ruang Tengah cafe, Jogja

Mager banget sebenarnya buat keluar rumah. Rasanya daya magnet di kasur ku semakin kuat, pokoknya makin kuat. Tapi tiba-tiba ada chat masuk dari teman lama. Namanya Yola. Bukan yolanda sang kekasih andika rindu band heuheu. Hampir 5 tahun gak ketemu tiba-tiba dia ngajak meet up. Saat itu juga aku malak buat di traktir. Niat nya bercanda eh taunya di dapar gratisan beneran. Alhamdulillah rezeki anak soleh katanya. Tak usah pikir panjang mikir ita itu kami langsung milih tempat ini. Kami datang jam 10pagi. Ya maklum lah namanya juga tempat nongkrong pasti ramenya juga malam. Tapi apalah daya kalau sama sama pekerja jadi ga sengaja aja gitu pisa pas bareng hari liburnya.

Suasananya asik. Buat tipe introvert kaya aku sih enak enak aja. Nyaman, tenang, bersih dan lokasinya strategis. Buat yang suka foto atau selfi it.s okay lah ya. Tergantung pengambilannya. Buat yang habis olahraga di alun alun selatan boleh lah ya breakfast disini. Mau yang vegetable ada, yang bread juga ada. Tenang....…

Ada Yang Baru Nih di Bantul, R3 Cafe Namanya

Yuhu! Akhirnya aku nemu tempat nongki, ahai. Pokoknya yang kekinian dan lokasinya deket rumah. Sebenarnya di Jogja sendiri sudah ada banyak tempat ngopi ataupun tempat makan lainnya yang tak kalah asik sih. Tapi karena aku adalah tipe manusia yang mager, kadang buat keluar terlalu jauh cuma untuk cari makan tuh gimana ya? ah males banget. Ya kali, mending masak sendiri. Jadi, disini aku mau mengulas sedikit tentang R3 Cafe yang baru buka dan  lokasinya tak begitu jauh dari rumahku. Kamu bisa baca-baca dulu ulasan Disini
Tempat dan fasilitas
Tempat yang asik menurutku itu... yang pasti kekinian dan tetap tenang. Lokasinya di Brajan, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sudah ada di Google Map ya, jadi mudah untuk dicari. Untuk menuju ke R3 Cafe, kita masih bisa menjumpai beberapa sawah yang masih terbentang di pinggir jalan. Meskipun terkesan berada di plosok, tempat ini mudah dijangkau. Cukup 15 menit dari pusat kota dengan lalu lintas senggang. Karena tidak berad…

Sate Ratu, Sajian khas Indonesia dengan rasa mendunia

Bang, satenya bang...

Familiar tidak dengan kalimat diatas? Pastinya tidak dong, hehehe. Kamu suka makan sate? Atau setidaknya pernah makan satu sate atau tujuh tusuk sate gitu untuk mencicipi? Pasti tau dong makanan khas Indonesia yang satu ini. Makanan yang terbuat dari daging yang di potong kecil-kecil lalu ditusuk dengan lidi kemudian dibakar dan diberi bumbu. Seiring berjalannya waktu, bumbu pada sate tak hanya berbahan dasar kacang saja, namun sudah banyak variasi resepnya. Cara penyajiannya pun ada banyak pilihan, sate bisa ditata biasa atau di ikat dan diberdirikan supaya lebih menarik. Selain disajikan diatas piring, penyajian sate juga bisa di pincuk, yaitu penyajian menggunakan daun pisang menyerupai bentuk kerucut terbalik yang disematkan menggunakan lidi. Pincuk ini masih banyak dijumpai pada penjual sate keliling.
Ngomongin soal sate, pernahkah kamu makan sate tapi kadang nemu yang belum matang sepenuhnya? Atau malah ada sisinya yang gosong? Belum lagi kalau satenya sa…