Hijrahku Dalam Media Sosial Dari Tahun Ke Tahun

Sumber foto: https://pin.it/B2sklCd

Bicara soal internet, rasanya hidup ini tak ada artinya lagi bila tanpanya. Perkembangan internet melaju dengan begitu pesat. Aku sendiri awal menggunakan internet selain pemakaian email kerap kali untuk game dan lihat primbon digunakan untuk mengirim tugas. Dulu pertama kali buat sih menggunakan email Yahoo, tapi ganti menjadi Gmail hingga sekarang. Dengan alamat email yang alay karena dibuat semasa SMP pun masih saya pakai hingga detik ini. Kemudian selain Yahoo, search engine yang pernah bahkan yang sering saya pakai saat di warnet adalah Mozilla Firefox, tampilannya lebih bagus daripada Opera. Tapi memang dikomputer adanya dulu sebatas itu. Beda lagi saat menggunakan handphone Sony Ericsson seri K300i saya memilih Opera Mini sebagai web penelusurannya.

Seiring berjalannya waktu, saya beralih menggunakan Google. Semua serba Google, setiap saat juga Google. Karena terbiasa, maka sampai saat ini saya terus menggunakannya. Beberapa kali pakai handphone jadul juga sempat menggunakan UC Browser. Selain karena bawaan ketika beli, tampilannya juga menyenangkan. Apalagi dengan logonya yang berbentuk tupai.

Karena sudah mengenal Google, saat kelas satu SMA waktu pelajaran TIK diberi tugas membuat satu blog disertai posting dua artikel. Saat itulah pada tahun 2012 saya pertama kali memiliki blog. Saya lupa nama blognya apa, tapi blog tersebut saat ini sudah berubah nama menjadi JemariLand masih aktif namun sudah jarang posting artikel. Saat ini saya fokus pada blog ini, dari yang dulu blogspot kemudian saya mencoba serius dengan mengubahnya menjadi blog TLD (Top Level Domain). Dulunya blog ini juga ada karena berawal dari tugas di semester satu. Saya membuat blog ini dengan tulisan pertama berjudul Jalan-jalan ke Taman Balekambang Solo dan Wisata Agro. Tidak disangka, saya dapat tugas lagi dari dosen yang sama, dengan tugas yang sama pula. Oleh karena itu, lahirlah tulisan ini dan beberapa artikel lainnya.

Selain itu media sosial yang pertama saya miliki adalah Facebook, akun pertama saya buat sekitar tahun 2010 dengan nama Ika Tcn. Tapi demi menghilangkan jejak-jejak alay di masanya, akun itu saya lenyapkan dan diganti dengan akun Facebook yang baru bernama Ika Cahyaningsih. Kemudian mulai kenal dengan aplikasi MXIT saat menggunakan handphone jadul Keren ! Benar-benar keren, lebih keren dari Facebook. Bisa chattingan sama banyak orang, banyak pilihan ruang mulai dari umur hingga hobi. Meski pakai pulsa reguler, harganya terbilang murah. Sapaan pertama saat masuk ruang chat adalah absen daerah, dan obrolannya pun random banget. Asli pengen download lagi tapi sudah tidak ada. Waktu pakai MXIT ini saya juga pakai Ebuddy, tapi cuma nyoba aja karena ga paham cara pakainya.

Baca juga Review Handphone Dari Yang Jadul Sampai Mantul

Tahun 2012 baru deh kenal sama yang namanya Twitter. Akun yang sekarang masih sama seperti yang dulu, jadi jejak alay masih ada dari yang gosipin orang, status galau, sampai mention artis juga. Kemudian datanglah Kakao Talk dan WeChat, seru ! Apalagi buat kalangan anak SMA yang belum punya HP penunjang aplikasi BBM kala itu. Tapi saat kelas dua, akhirnya bisa ngrasain BBM. Tukaran pin, ping ping ga jelas, sampai bikin status dan gonta ganti dp pernah saya alami. Kemudian saya beralih pada WhatsApp dan mengenal Instagram. Satu lagi aplikasi yang masih saya pakai hingga hari ini adalah Line.

-Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Informasi Pariwisata dan Hospitality

You Might Also Like

0 komentar