Mampir Prasmanan di Baso Aci Ena

Posting Komentar

 


Mampir Prasmanan di Baso Aci Ena. Cocok banget nih, pas musim hujan cari jajanan yang hangat-hangat. Salah satu kuliner di Jogja yang bisa dicari saat musim hujan adalah bakso. Langsung kebayang kuahnya yang panas, rasanya yang gurih, duh lezatnya ! Kali ini aku mencicipi varian bakso bernama baso aci, masakan khas Garut, Jawa Barat.


Berbeda dengan bakso daging pada umumnya, baso aci ini dikenal dengan bakso bulatnya yang dibuat dari aci atau tepung kanji sebagai bahan dasarnya dan disajikan bersama cuanki. Di Yogyakarta sendiri untuk menemukan penjual baso aci cukup mudah, dari yang keliling, buka gerai, hingga aci dengan kemasan siap olah. Buat kamu yang sering lewat jalan Tamsis, sabi nih mampir di Baso Aci Ena.

Baso aci yang cukup populer di Jogja ini berlokasi di Jl. Taman Siswa No.150, Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Cukup mudah ditemukan dan tidak jauh dari wisata Malioboro. Tempat makan ini buka dari jam 12.00 - 21.00 WIB setiap hari. Khusus hari Jumat buka mulai jam 14.00 ya. Menurutku tempat ini nyaman untuk makan karena mulai dari dapur, area meja makan, kasir, sampai toilet terlihat bersih, rapi, dan karyawannya gercep. Area parkirnya juga luas dan aman karena ada yang jaga.

Jika biasanya kita datang di tempat makan langsung pesan dan menunggu hidangan datang, Baso Aci Ena ini memiliki sistem pemesanan yang berbeda. Saat datang, pembeli akan ditanya apakah makan ditempat atau bawa pulang. Kemudian jika memilih untuk makan ditempat, kamu akan diberi mangkuk, capit serta nampan. Setelah itu tinggal mau pilih yang mana aja. Karena menu disini berbentuk prasmanan, pembeli bisa memilih isian sesuai selera. Kalau ambil semua bakal muat gak ya perutnya ? Untuk harga setiap menu berbeda, mulai dari Rp 500 aja. Selain prasmanan, disini juga tersedia menu berupa Paket Bakso dengan harga mulai dari Rp 12.000 sesuai varian yang dipilih. Jangan lupa bayar ya gaiss.


Karena udah gak sabar, setelah difoto langsung dimakan deh. Beuuuh! baso, cuanki, siomay, dampling, dan sukro kumpul jadi satu dalam mangkuk berisi kuah panas beraroma gurih plus cita rasa yang khas dari jeruk limau. Kalau makan makanan berkuah, hal pertama yang selalu aku lakukan adalah mencicipi kuahnya. Rasanya mantap, gurihnya langsung menyebar di lidah, tapi jujurly kali ini kuahnya terasa lebih asin. Perasaan jeruk limau juga bikin kuah jadi lebih segar, wajib ada di mangkuk deh pokoknya. Lanjut ke komponen berikutnya yang akan aku coba satu persatu dan waw ! Cocok di lidahku ini mah. Terutama untuk baso acinya, empuk gak alot. Nyaman banget dikunyah, ini baru yang namanya ena ena. Begitupun dengan cuanki dan aneka dampling. Perpaduan bahan-bahan pilihan dan bumbu yang pas membuat rasanya jadi gak berlebihan. Walaupun namanya baso aci, tapi ada juga nih bakso ikan maupun daging. Soal rasa tentu tak kalah enaknya juga.


Kamu penikmat pedas ? Kalau iya pasti gak akan lupa dong untuk menambahkan sambal didalam kuahnya. Karena aku tipe yang suka pedes tapi gak berani banyak pakai sambel, satu sendok sambal saja sudah cukup untuk di campurkan ke kuah. Benar saja, rasa sambalnya sudah terasa super pedas dan bikin panas dimulut. Untung sudah sedia minum sebelum kepedasan. Ohya, beragam minuman juga dijual disini, komplit deh. Meskipun pedas, nyatanya aku bisa menghabiskan Baso Aci Ena dengan waktu yang tidak lama loh.

Ini sih gak cuma enak, tapi nagih. Tertarik untuk mencoba ? Tunggu apa lagi, yuk lah langsung datang ajak teman, pacar, atau keluarga. Pilih isianmu sendiri dan nikmati rasanya, ngeunak pisaaaan !

Update : lokasi sudah pindah


Duakakikuu
Hallo ! Salam kenal. Ada banyak hal yang saya gemari, salah satunya menulis disini. Terimakasih telah berkunjung, ikuti juga media sosial saya ya

Related Posts

Posting Komentar