Pertama di Indonesia, Game Working Space Telah Hadir di Solo

Posting Komentar

 

Predator Thronos full set
Predator Thronos full set

Pertama di Indonesia, Game Working Space Telah Hadir di Solo. Belum lama ini aku pergi ke Solo menggunakan KRL Commuter Line dari stasiun Lempuyangan Jogja. Berangkat di jadwal yang paling pagi, sekitar jam lima membuat perjalanan kali ini sangat menyenangkan karena melihat pemandangan yang masih sejuk. 

Kunjungan ke Solo kali ini bertujuan untuk menengok sesuatu yang baru di kota ini, yaitu Game Working Space. Sebuah pusat pengembangan teknologi dan pembelajaran game pertama di Indonesia yang berlokasi di Solo Technopark. Lokasinya dekat banget sama Universitas Sebelas Maret dan kurang lebih lima belas menit dari Stasiun Solo Balapan. Aksesibilitasnya mudah banget kalau mau kesini. 

Solo Technopark
Solo Technopark
For your information, Game Working Space ini merupakan kolaborasi dari ICE Institute bersama Acer Indonesia melalui Program mikro-kredensial Game Developer dengan harapan dapat menjadi pusat unggulan teknologi game dan sebagai penunjang dalam pengembangan ekosistem game di Indonesia sehingga dapat berkontribusi signifikan untuk kemajuan industri game nasional.

Tentunya sarana dan prasarana yang ada di Game Working Space ini tidak tanggung-tanggung, karena ada stadium game berskala internasional beserta infrastruktur pendukungnya seperti tempat pelatihan dan pendidikan pengembangan game. Ada juga auditorium untuk kompetisi dan exhibition game, serta dilengkapi pula fasilitas inkubasi bisnis yang akan menghasilkan talenta game sebagai game developer dan sistem pemasaran dari produk game yang dihasilkan.
Game Working Space
Game Working Space
Kali ini aku berkesempatan untuk lihat dan cari tahu ada apa aja sih di dalam Game Working Space ini. Diawali dengan memasuki lounge, terlihat sebuah ruangan yang merupakan ruang tunggu untuk bersantai yang dilengkapi dengan beberapa fasilitas. Ruangan ini lumayan muat untuk banyak orang, bisa duduk di sofa atau beanbag yang sudah disediakan. Pengunjung juga bisa menyimpan barang dengan aman disini karena dilengkapi dengan loker barang. Tempatnya nyaman sekali untuk bersantai, apalagi kalau menghadap jendela. Bisa lihat langit lepas dan suasana diluar gedung.

Melangkah lebih dalam lagi, ada tempat yang cukup menarik yang disebut dengan Area Testing Game. Di ruangan ini pengunjung bisa coba ngegame dengan pengalaman bermain terbaik karena fasilitas yang diberikan tidak mengecewakan, bahkan disediakan juga seperangkat VR Oculus. Kemudian ada juga ruang produksi dengan beberapa seperangkat komputer spek tinggi plus kursi gaming yang menjadi tempat pembelajaran dalam menghasilkan sebuah game. Terakhir, ruangan yang tidak kalah menarik adalah Stadium Game. Ruangan ini nantinya bisa digunakan sebagai tempat pertandingan esport yang juga dilengkapi dengan studio streaming sendiri.
Ruang Pembelajaran
Ruang Pembelajaran
Semua fasilitas ini didukung penuh oleh Acer Indonesia terutama lewat pengadaan hardware gaming unggulan, diantaranya berupa satu unit Predator Thronos full set, satu unit Predator Orion PC, 12 unit Veriton PC, 12 unit Monitor XV242Y_P, satu unit Projector BS-120P/PA, 10 unit Gaming Chairs, serta satu unit Acer Swift 3 Ci5. Produk unggulan yang dihadirkan Acer Indonesia untuk Game Working Space ini sebagian besar 
merupakan produk dalam negeri karya bangsa, keren kan ?
Peresmian Game Working Space
Peresmian Game Working Space
Game Working Space telah diresmikan pada Selasa, 29 November 2022. Peresmian ini merupakan kolaborasi ICE Institute–Universitas Terbuka dengan Acer Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui platform Kedaireka, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), serta Solo Technopark.

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang ikut hadir dan meresmikan Game Working Space di Solo Techno Park ini juga ikut merasakan dan menjajal langsung sarana dan prasarana di dalam Game Working Space. Pada kesempatan kali ini ia pun berharap kedepannya akan ada banyak developer dan creator game yang berasal dari Solo. Dengan adanya ruang bagi anak muda seperti ini, Mas Wali juga berharap semoga tempat ini dapat dimanfaatkan dengan sungguh-sungguh kedepannya.
Pemberian Sertifikat Program Magang  dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kemendikbud Ristek Batch-II.
Pemberian Sertifikat Program Akselerasi Talenta Game Nasional
Melalui peresmian Game Working Space ini, ICE Institute juga menghadirkan program akselerasi talenta game nasional sebagai keberlanjutan dari Program Micro-kredensial Game Developer. Program inkubasi ini secara khusus dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa unggulan untuk hilirisasi produk game yang telah dikembangkan. Program ini adalah upaya strategis yang diharapkan dapat mengakselerasi terciptanya talenta game Indonesia, maupun produksi game di Indonesia. 

Pihak lain yang juga terlibat dalam kolaborasi Program akselerasi talenta game nasional diantaranya merupakan pakar dari Universitas Indonesia, BINUS University, Universitas Pelita Harapan, Telkom University, Universitas Pradita, AMIKOM, Universitas Gadjah Mada, Institute Teknologi Bandung, Institute Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Terbuka serta pelaku industri game nasional. Program ini telah menghasilkan 54 game yang dikembangkan oleh 672 mahasiswa berasal dari 180 perguruan tinggi dari seluruh indonesia. Pengembangan program game ini hasil dari Program Mikrokredensial Game Developer (PMGD) yang diselenggarakan oleh ICE Institute selama 5 bulan yaitu dari bulan Februari sampai Juli 2022 yang didukung dari 10 perguruan tinggi dengan pendanaan dari Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kemendikbud Ristek Batch-II.
Duakakikuu
Saya senang berwisata dan sangat antusias dengan kuliner. Di blog ini, saya akan berbagi pengalaman dan rekomendasi tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, serta makanan lezat yang dapat ditemukan di Yogyakarta. Ayo ikuti petualangan kuliner dan wisata saya !

Related Posts

Posting Komentar