Kebun Buah Mangunan, Pesona Bukit Dengan Pemandangan Sungai Oya

Posting Komentar
Rekomendasi Wisata di Yogyakarta
Rekomendasi Wisata di Yogyakarta

Kebun Buah Mangunan, Pesona Bukit Dengan Pemandangan Sungai Oya. Destinasi ini menjadi salah satu tujuan wisata yang tidak boleh dilupakan begitu saja ketika berada di Yogyakarta. Kebun Buah Mangunan merupakan objek wisata yang berada di Imogiri, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagai negeri di atas awan, begitulah kebanyakan orang menyebutnya.

Daya tarik utama pada wisata ini adalah pemandangan dipagi harinya. Pada waktu tertentu, wisatawan akan mendapat momen indah dan berbeda dari kehidupan kota pada umumnya. Di antara bukit-bukit yang menghijau, wisatawan akan melihat gumpalan awan yang yang perlahan naik bersamaan dengan waktu matahari terbit. Dibawah kabut tersebut terdapat aliran sungai Oya yang memanjang, tampak indah dengan warna khas sesuai musim. Saat kabut mulai menghilang, pemandangan tampak semakin jelas dan terlihat segar.

Agar mendapati pemandangan yang indah dan sesuai harapan, kamu harus sudah tiba di lokasi sekitar pukul 05.00 – 06.00 WIB. Pastikan kamu tidak terlambat datang untuk menikmati momen tersebut. Pemandangan yang sempurna itu bisa kamu dapatkan saat menjelang musim hujan. Sampai di lokasi lebih awal juga mempermudah kamu untuk memilih gardu pandang, duduk bersantai menghadap pemandangan. Semakin siang akan semakin banyak wisatawan yang datang, apalagi yang berpasangan. Terasa dunia hanya milik berdua, bikin sungkan wisatawan lain untuk duduk bersebelahan di gardu yang sama. Hahaha

Kebun Buah Mangunan
Kebun Buah Mangunan

Selain pemandangan, atraksi lain yang bisa kamu nikmati adalah pertunjukkan gejog lesung yang dibawakan oleh bapak dan ibu-ibu warga setempat. Tidak hanya mendengar, kamu pun bisa ikut bernyanyi, mencoba gejog lesung hingga menari bersama. Tapi jangan lupa isi kotak sukarela ya untuk mendukung wisata setempat dan ikut menambah perekonomian warga. Spot foto disini juga lumayan banyak, kamu bisa foto di gardu pandang, pagar pembatas, tulisan Mangunan, kebun markisa, dan spot foto lainnya yang memang sudah disiapkan. Selesai foto, kamu bisa makan di warung setempat, ada beberapa warung dengan menu makanan yang berbeda mulai dari camilan, gorengan, kelapa muda, hingga makanan berat. Lumayan kan bisa ngisi perut karena belum sempat sarapan di rumah.

Kebun Buah Mangunan buka setiap hari pukul 05.00–18.00 WIB. Untuk tiket masuknya saat ini gak sampai tujuh ribu rupiah. Tiket tersebut sudah termasuk biaya masuk dan parkir kendaraan. Dulu saat terakhir berkunjung tiketnya masih tiga ribuan, gak nyangka udah lama gak kesini. Untungnya objek wisata ini selalu berbenah dan jadi makin bagus. Fasilitas disini juga lengkap, ada tempat cuci tangan, toilet, gazebo, dan lain-lain. Wisata terdeket yang lokasinya tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan adalah Hutan Pinus Mangunan dan Pasar Kakilangit. Kamu bisa sekalian mengunjunginya di akhir pekan bersama teman maupun keluarga.

Untuk wisatawan yang pertama kali akan menuju lokasi, mungkin agak sedikit bingung dengan arahnya. Pasalnya, papan bertulis Kebun Buah Mangunan di simpang jalan atau lebih tepatnya di tugu pertigaan menuju pinus ternyata sudah usang dan tidak terlalu terlihat. Sedikit informasi tambahan dariku, saat bertemu simpang tiga ini jangan buru-buru untuk naik. Kamu bisa belok kanan. Tidak jauh setelah itu kamu bisa belok kanan lagi di jalan beraspal. Terus ikuti jalan dan jangan lupa sesekali lihat petunjuk arah, lokasi menuju Kebun Buah Mangunan ada di sisi kanan jalan. Jika sinyal hilang dan masih bingung dengan lokasi pasnya, kamu bisa bertanya pada penduduk sekitar.

Pemandangan Sungai Oya
Pemandangan Sungai Oya
Sedikit tips dariku, pastikan kendaraan yang kamu pakai sudah dicek sebelum berangkat agar tidak menemui kendala saat di perjalanan. Tidak perlu memaksaakan diri untuk datang saat musim hujan, selain pemandangan yang didapatkan kurang bagus, jalan berkelok dan tikungan yang tajam, tentunya akan jadi lebih licin dan perlu berhati-hati. Jaga kesehatan dan jika sempat jangan lupa sarapan sebelum berangkat. Terakhir, jangan lupa isi bensin. Selamat liburan temans !

Duakakikuu
Saya senang berwisata dan sangat antusias dengan kuliner. Di blog ini, saya akan berbagi pengalaman dan rekomendasi tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, serta makanan lezat yang dapat ditemukan di Yogyakarta. Ayo ikuti petualangan kuliner dan wisata saya !
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar