Hutan Pinus Mangunan, Wisata Favorit di Akhir Pekan

Posting Komentar

Hutan Pinus Mangunan, Wisata Favorit di Akhir Pekan
Hutan Pinus Mangunan, Wisata Favorit di Akhir Pekan
Hutan Pinus Mangunan, Wisata Favorit di Akhir Pekan. Jogja selalu memiliki wisata baru yang sukses bikin wisatawan penasaran, baik wisata alam maupun buatan. Meski begitu, wisata di bagian selatan ini tak kalah menarik untuk dikunjungi. Hutan Pinus Mangunan menjadi wisata andalan di Bantul yang gak bikin bosen untuk dikunjungi berapa kalipun.

Dulunya Pinus Mangunan ini hanyalah hutan tandus yang tidak memiliki daya tarik wisata bahkan juga tidak banyak dikenal orang. Namun seiring dengan berjalannnya waktu, tempat ini menjadi sebuah hutan lindung dan berkembang menjadi objek wisata. Dulu, destinasi ini hanya memiliki spot foto saja.

Fasilitas di Hutan Pinus Mangunan

Saat ini Hutan Pinus Mangunan telah dilengkapi dengan fasilitas pendukung agar membuat pengunjung merasa nyaman. Fasilitas tersebut terdiri dari toilet, mushola, warung, gardu pandang, hingga panggung dengan kursi-kursi yang dibuat dari kayu dan di tata dengan rapi. Tempat wisata ini kini menjadi tujuan wisata populer yang selalu ramai dengan kunjungan wisatawan setiap harinya, khususnya akhir pekan.

Daya Tarik Wisata Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan merupakan salah satu wisata alam dengan daya tarik utama berupa hamparan luas pepohonan berupa pinus yang tumbuh dengan rimbun. Saat pagi, udara terasa sangat sejuk dengan kabut disekelilingnya. Suasana seperti itulah yang membuat setiap pengunjung yang datang merasa nyaman sekaligus betah. Wisatawan dapat menghilangkan rasa penat dari aktivitas yang dilakukan beberapa hari sebelumnya.

Daya tarik ini juga didukung dengan beberapa spot foto buatan yang bisa digunakan untuk swafoto secara gratis. Wisatawan bisa foto diantara pohon pinus, panggung kayu, jembatan tali, dan masih banyak lagi. Duduk santai, jalan-jalan, hingga berfoto ria di Hutan Pinus Mangunan bersama dengan keluarga ataupun orang-orang tercinta menjadi terasa lebih menyenangkan.

Lokasi dan Rute Hutan Pinus Mangunan

Wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja dapat dikunjungi kapan saja, sesuai dengan jam operasional yang berlaku. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.30 WIB. Untuk alamatnya sendiri ada di Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kamu juga bisa mencari lokasinya lewat maps dengan pencarian “Hutan Pinus Mangunan”.

Sebagai patokan, wisatawan dapat berjalan ke arah selatan menyusuri jalan Imogiri Timur melewati terminal Giwangan. Butuh waktu sekitar 45 menit sampai satu jam jika berkendara dari Malioboro menggunakan motor. Setelah masuk ke jalan Imogiri Timur, lurus terus hingga ujung jalan bertemu jalan bercabang, kamu perlu berok ke kiri. Mulai dari situ akan ada petunjuk arah menuju Hutan Pinus Mangunan. Wisata terdekat di sekitar wilayah ini diantaranya adalah Puncak Becici, Gua Cemara, dan Kebun Buah Mangunan

Sedikit tips ketika akan berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan, kamu harus memastikan bahwa kendaraan yang digunakan tidak memiliki kendala dan terisi bensin yang cukup. Pastikan juga badan sehat saat liburan dan pilih hari atau waktu yang tepat. Ketika kamu datang saat musim hujan jangan lupa membawa payung atau mantel karena lokasi wisata ini berada di ruang terbuka yang mengharuskan pengunjunnya untuk bersiaga saat hujan turun.

Kawasan ini sangat bersih dan terbilang steril karena jauh dari sampah. Setiap paginya ada petugas kebersihan yang gercep untuk membersihkan area objek wisata. Dengan kondisi seperti itu besar harapannya wisatawan juga bisa menjaga kebersihan ditempat wisata, terutama saat membuang sampah miliknya. Saat berada di Hutan Pinus Mangunan ini, kamu akan merasa rileks dan lebih santai. Buang semua kepenatan dan rasa lelah yang tengah melanda dan nikmatilah liburanmu semenyenangkan mungkin, happy weekend all !

Duakakikuu
Saya senang berwisata dan sangat antusias dengan kuliner. Di blog ini, saya akan berbagi pengalaman dan rekomendasi tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, serta makanan lezat yang dapat ditemukan di Yogyakarta. Ayo ikuti petualangan kuliner dan wisata saya !

Related Posts

Posting Komentar