Service Motor untuk Pemula dan 7 Hal yang Perlu Kamu Tahu

20 komentar

Service motor untuk pemula dan 7 hal yang perlu kamu tahu. Nggak cuma isi bensin, motor juga butuh perawatan agar nyaman saat digunakan. Terlebih lagi buat kamu yang memutuskan untuk menggunakan motor sebagai alat transportasi kemanapun perginya. Kamu perlu memahami betapa pentingnya menjaga kondisi motor dengan baik biar gak ketar-ketir saat di perjalanan.

Menurutku motor itu juga udah seperti pasangan, kayak si Jupi motor kesayanganku ini. Butuh perawatan yang baik agar dapat terus membersamaiku dalam menjelajahi berbagai destinasi yang ada. Akupun gak mau bayangin gimana jadinya kalau si Jupi ini tiba-tiba mogok dan gak mau hidup padahal tujuan masih jauh. Gak banget, kan ? Emang paling benar rawatlah sebelum rusak.

Menjaga kondisi motor agar selalu prima adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan yang aman dan nyaman. Agar motormu juga selalu dalam kondisi yang baik kamu harus rajin membersihkannya dan melakukan service motor. Pengecekan kondisi motor secara rutin biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Bagian yang dicek ada banyak. Nah, disini aku akan bahas tentang tujuh hal apa saja yang harus di-service pada motor. Simak artikel ini terlebih dahulu ya !

1. Ganti Oli Secara Berkala

Mengganti oli adalah salah satu hal yang sebenarnya paling mudah untuk kamu ingat. Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Jika oli tidak diganti secara teratur, maka akan mempengaruhi performa dan umur mesin motor. Biasanya, biaya ganti oli yang perlu dibayarkan meliputi biaya pembelian oli sesuai merek yang dipilih dan biaya jasa untuk ganti olinya.

Lakukan penggantian oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 km. Namun saat ini sudah ada pabrikan atau retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km. Oli yang mereka pasarkan ini sudah menggunakan tegnologi ester. Jadi ya wajar sih kalau retailer ini mengkalim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oli tertinggi di kelas oli.

Untuk membantu mengingat kapan waktunya ganti oli, aku biasa menulisnya di kertas kecil lalu menempelkannya di bawah jok motor dan ini sangat efektif buatku. Bagi pengguna motor matic, kamu juga wajib rutin ganti oli gardan. Oli jenis ini memiliki fungsi untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

2. Perhatikan Kondisi Ban

Pemeriksaan ban juga penting dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, kamu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Pastikan ban motor dalam kondisi baik, tidak bocor, retak, atau kempes. Ketika service motor, mekanik juga akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban dan kondisi secara keseluruhan. Jangan lupa meminta untuk ganti ban jika sudah habis masa pakainya.

3. Mengganti Aki atau Accu

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3 - 12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki gak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran atau kondisi terminal berkarat, mau gak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman. Pastikan kelistrikan motor dalam kondisi baik dan terawat ya, bestie.

4. Ganti Busi Saat Diperlukan

Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi agar motor bisa menyala kembali dan bisa digunakan supaya gak perlu repot-repot standar dua buat starter motor dan masalah lainnya lagi.

5. Cek Kampas Rem

Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Periksa rem setiap beberapa minggu sekali atau sebelum melakukan perjalanan jauh. Pastikan rem tidak aus, bocor, atau kehilangan tekanan.

Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor. Hal ini pernah aku rasakan, rem si Jupi bener-bener kurang pakem dan alhasil setiap keluar rumah harus motoran pelan gak berani kenceng. Karena takut, gak berselang lama si Jupi aku masukan ke bengkel.

6. Periksa Filter Udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti. Tenang, keputusan tetap ada ditangan pemilik motor.

7. Tune Up Motor Rutin

Jangan khawatir jika kamu belum terbiasa melakukan perawatan motor sendiri. Kamu bisa mencari bengkel terdekat atau tanya kepada teman yang sudah berpengalaman. Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan.

Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, klakson, dan ada kalanya tune up ini disertai dengan ganti oli hingga penggantian sparepart. Gak perlu bingung, mekanik nantinya akan jelasin dulu dan minta konfirmasi ke kamu tentang perbaikan apa saja yang dibutuhkan.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan kamu melakukan service rutin di bengkel resmi agar mesin motor tetap dalam kondisi baik. Bengkel resmi biasanya menggunakan suku cadang asli dan memiliki teknisi yang terlatih dengan baik. Salah satu bengkel yang bisa kamu andalkan adalah Planet Ban. Di bengkel ini, kamu bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru.

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu yang dilakukan dengan meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru ada pada bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Servis Motor di Planet Ban

Salah satu bengkel resmi yang bisa dikunjungi bersama motor kesayanganmu adalah Planet Ban. Disini kamu gak cuma bisa ganti atau beli ban saja, ada banyak manfaat yang yang bisa didapatkan seperti saat ganti oli. Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi yang dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin.

Mesin otomatis jadi lebih awet dan jarang rusak. Apalagi kalau dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikannya enteng. Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000 km saja, sekitar 4-6 bulan sekali. Jadi, kamu gak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat dan kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan Tempat Lain

Saat kamu melakukan servis motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin motormu akan dibersihkan. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu, dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. Beda dengan tempat lain yang kadang masih ada kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor.

Gak perlu takut mahal, harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini sangat terjangkau. Untuk service motor injeksi cuma Rp 20.000 aja, service CVT sekaligus rantainya Rp 19.500 dan bahkan service throttle body juga cuma Rp 20.000 . Murce kan, jangan ada alasan lagi buat gak cek kondisi motor dan melakukan perawatan pada kendaraan sendiri.

Nah, itulah 7 hal yang perlu kamu ketahui tentang service motor untuk pemula. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi motor sebelum melakukan perjalanan. Kalau perlu service motor, yuk ke Planet Ban saja dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru. Sampai jumpa di petualangan selanjutnya !

Duakakikuu
Saya senang berwisata dan sangat antusias dengan kuliner. Di blog ini, saya akan berbagi pengalaman dan rekomendasi tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, serta makanan lezat yang dapat ditemukan di Yogyakarta. Ayo ikuti petualangan kuliner dan wisata saya !

Related Posts

There is no other posts in this category.

20 komentar

  1. setuju,,, motor kalau dibawa setiap hari memang kudu kondisi prima.

    BalasHapus
  2. Salfok banget sama biaya servis di planet ban kak, murce yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget, ga nyangka bisa dapat harga yang terjangkau

      Hapus
  3. Kakkkk service di Planet Ban ini murah banget huhuhu, nyesel baru tau sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kan kak, gak takut masuk bengkel lagi kalau mau servis motor

      Hapus
  4. Wah, ayo aku ikutan kalau kamu ke Planet Ban. Hehehe ... aku kan tak punya motor, mau lihat aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. skuy mbak, ngobrol asiq sambil nunggu

      Hapus
  5. Wajib banget memang untuk cek komponen penting ketika service motor. Biasanya suka kelewat dan fokus pada ganti oli saja. Padahal yg lain juga harus dicek ya. Makasih sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak, semoga bermanfaat ya artikelnya

      Hapus
  6. Aku langganan banget di Planet Ban Dongkelan searah jalur pulang soalnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. deketku juga ada mbak, enak ya kalau mau servis jadi gampang

      Hapus
  7. Wah, ternyata urusan motor nggak sesimple yang aku kira ya. Banyak komponen yang sering lupa aku perhatikan. Paling aman ke Planet Ban emang, teliti banget kalau pas service motornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, aku dulu juga gitu cuma inget isi bensin dan ganti oli wkwk

      Hapus
  8. Bener banget ya, mba.. Kalo motor kesayangan terawat dengan baik, kita makenya juga tenang yaa.. Gak ketar-ketir..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang banget, gak takut terdampar lagi di jalan

      Hapus
  9. Biar tenang jalane klo motor dh diservis

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal gass tanpa takut terdampar di jalan

      Hapus
  10. aku langganan di Planet Ban Ngipik. pelayanannya juga ramah dan membantu banget kalau kita tanya2

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang paling top mbak kalau dah nemu bengkel dengan pelayanan yang ramah, jadi makin mantap

      Hapus

Posting Komentar