Roti Kolmbeng, Cemilan Jadul yang Bikin Kangen Kulon Progo

Posting Komentar

 Roti Kolmbeng yang dioven dengan alat tradisional


Roti Kolmbeng adalah camilan jadul yang mudah di temukan di Jogja bagian barat. Kulon Progo, sebuah kabupaten di Yogyakarta yang menyimpan banyak pesona. Mulai dari alamnya yang indah, budayanya yang kaya hingga kulinernya yang lezat. Salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kulon Progo adalah Roti Kolmbeng, cemilan manis yang sudah ada sejak zaman dahulu.


Roti Kolmbeng adalah roti bolu yang dibuat dengan cara tradisional, tanpa menggunakan oven atau mixer. Bahan-bahannya pun sederhana, hanya terdiri dari tepung, gula, telur, dan mentega. Namun, jangan salah, roti ini memiliki rasa dan tekstur yang istimewa, yang tidak bisa ditemukan di roti bolu modern.

Mengapa Roti Kolmbeng Begitu Spesial?

Roti Kolmbeng sangat spesial karena keberadaanya sudah jarang ditemukan di kota. Roti Kolmbeng ini memiliki kulit sedikit kering dan gurih yang kontras dengan isinya yang lembut dan manis. Roti ini juga memiliki tekstur kenyal yang membuatnya lebih nikmat saat digigit.


Rasa manisnya pun pas, tidak terlalu manis sehingga tidak membuat eneg. Bolu kok kenyal? Tekstur inilah yang membuat kue ini sangat unik. Berbeda dari bolu pada umumnya yang menggunakan tepung terigu, Roti Kolmbeng ini berbahan dasar tepung tapioka atau tepung singkong.

Roti Kolmbeng, roti jadul berbahan tepung tapioka


Kini Roti Kolmbeng juga menjadi salah satu ciri khas Kulon Progo yang tidak bisa ditemukan di daerah lain. Roti ini menjadi bagian dari identitas dan kebanggaan masyarakat Kulon Progo yang selalu disajikan saat ada acara-acara penting, seperti kenduri, hajatan, atau perayaan lainnya.

Sejarah Roti Kolmbeng

Roti Kolmbeng juga memiliki nilai sejarah yang tinggi karena merupakan salah satu peninggalan kuliner Jogja yang masih bertahan hingga saat ini. Roti kolmbeng adalah sebutan untuk roti bolu yang sudah ada sejak masa penjajahan Belanda. Nama ini berasal dari istilah "kolo biyen" yang dalam bahasa Jawa berarti masa lalu. 

Roti Kolmbeng dipanggang menggunakan loyang custom


Di Kulon Progo, ada seorang produsen roti kolmbeng yang sudah berpengalaman, yaitu Pak Giman. Ia tinggal dan memproduksi roti kolmbeng di Dusun Diran, Kelurahan Sidorejo, Kapanewon Lendah. Pak Giman dulunya bekerja di pabrik Pakualaman yang memproduksi Roti Kolmbeng, tetapi setelah pabrik itu tutup, ia memilih untuk melanjutkan usaha roti kolmbeng di rumahnya sendiri.

Bagaimana Cara Mendapatkan Roti Kolmbeng?

Roti Kolmbeng bisa ditemukan di beberapa tempat di Kulon Progo, seperti warung-warung, pasar tradisional, atau rumah produksi. Salah satu rumah produksi yang terkenal adalah Roti Kolmbeng Pak Giman, yang sudah berdiri sejak tahun 1950-an. Di sini, kamu bisa melihat langsung proses pembuatan Roti Kolmbeng yang masih menggunakan alat-alat tradisional, seperti loyang kue, tungku pemanggang, dan pengaduk adonan yang sederhana. 


FYI aja nih, beberapa alat produksi yang digunakan oleh Pak Giman saat ini hasil custom sendiri. Kamu tidak akan menjumpainya di toko manapun, termasuk oven atau gerabah yang digunakan untuk memanggang kue.


Harga Roti Kolmbeng juga sangat terjangkau, hanya Rp 12.500 per box yang berisi 10 potong. Kamu juga bisa membelinya per potong dengan harga Rp 1.500. Roti ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh atau camilan saat bersantai. Kue ini sangat cocok dinikmati bersama teh hangat atau kopi di pagi hari.

Roti Kolmbeng Pak Giman Kulon Progo


Kulon Progo memang memiliki banyak daya tarik yang membuatnya layak untuk dikunjungi. Selain menikmati keindahan alamnya seperti Pantai Glagah atau Waduk Sermo, kamu juga bisa mengeksplorasi kekayaan kulinernya, seperti Geblek, Tempe Benguk, atau Dawet Sambel.


Jangan lupa untuk mencicipi Roti Kolmbeng ini, cemilan jadul yang bikin kangen Kulon Progo. Roti ini akan memberikanmu pengalaman kuliner yang berbeda, yang tidak bisa kamu dapatkan di tempat lain. Roti Kolmbeng, cemilan manis yang menggugah selera dan menghangatkan hati.

Duakakikuu
Saya senang berwisata dan sangat antusias dengan kuliner. Di blog ini, saya akan berbagi pengalaman dan rekomendasi tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, serta makanan lezat yang dapat ditemukan di Yogyakarta. Ayo ikuti petualangan kuliner dan wisata saya !

Related Posts

Posting Komentar