Serunya Explore Kotagede Sekaligus Hunting Foto

5 komentar

Minggu adalah hari yang tepat untuk liburan, meskipun hanya pergi jalan-jalan menyusuri kota. Kali ini aku pergi ke Kotagede untuk arisan ilmu bersama Komunitas Emak Blogger. Tempatnya berada di Ndalem Sopingen. Ada banyak kucing disini >.< pengen ku angkut semua terus bawa pulang. Apakah aku sedang berada di kerajaan kucing ? hehe..


Setelah pembukaan dan sambutan, acara dilanjutkan dengan materi yang di bawakan oleh Ardy Nugraha dengan menyampaikan basic photography seperti komposisi dalam fotografi mulai dari garis, kesamaan bentuk, tekstur, warna, gelap terang, dan camera angel. Tak ketinggalan, setting diafragma, shutter speed, dan iso juga di bahas. Pokoknya semua dasar-dasar dalam teknik foto gitu, supaya natinya bisa bercerita dengan foto. Setelah belajar dan sedikit memahami materi, harus praktek langsung dong, ya kan ?


Karena Kotagede merupakan kawasan bersejarah, saat menyusurinya kita akan banyak menjumpai bagunan tua dengan berbagai macam bentuk dan arsitek yang berbeda sekaligus unik. Sepanjang jalan akan terlihat deretan toko yang menjual kerajinan perak yang merupakan kerajinan turun menurun dan sudah ada pada zaman Mataram dahulu. Selain terkenal dengan sejarah dan industri perak, Kotagede juga memiliki beberapa spot foto yang bagus nih. Beberapa tempat yang sering digunakan sebagai spot foto adalah Masjid Agung Kotagede dan Pasar Kotagede.


Banyak anak muda yang datang untuk sekedar foto-foto. Terbukti dengan adanya #kotagedejogja di Instagram yang jumlahnya mencapai 7.362 postingan. Memang tak salah jika saat ini foto merupakan kebutuhan sehari-hari bagi beberapa orang. Tak sedikit pula orang langsung menguploadnya di media sosial dengan editing sebelumnya. Padahal, hal ini menyebabkan hasil foto setelah di unggah terlihat pecah. Sebenarnya kejadian ini bisa diminimalisir dengan berfoto menggunakan kamera. Jadi hasilnya sudah bagus di awal tanpa di edit lagi. Ini dia kamera yang aku pakai saat hunfot di Kotagede.




Mirrorless Fujifilm X-T100

Dulu sebenarnya aku bukan fuji user ya, hehehe. Tapi setelah kenal dan berteman sama kamera satu ini, rasanya makin jatuh cinta. Bayangin coba, dengan harga yang murah berkisar 8 jutaan sudah dapat mirrorless dengan hasil foto yang ciamik tanpa perlu banyak setting diawal. Selain terdapat jendela bidik, Fujifilm X-T100 juga dilengkapi fitur LCD yang bisa diputar ke depan. Cocok nih buat yang suka selfi atau bikin vlog.


Karena bentuknya yang kecil jadi bisa digenggam dengan dengan satu tangan nih. Meskipun body nya berbahan plastik, sama sekali tidak terkesan murahan saat dipandang. Dibagian atas terdapat putaran berupa mode P, A, S, M, auto, tombol fn dan lainnya. Di sebelah kanan atas kamera ada juga tombol exposure compensation untuk mengatur terang gelap foto yang digunakan pada mode non manual. Di kamera bagian bawah terdapat satu slot yang berisi baterai dan SD Card. Sedangkan untuk baterai tergolong awet, meskipun tergantung pemakaian juga sih. Jika bosan dengan warna hitam, Fujifilm X-T100 menyediakan warna lain berupa graphite silver dan champagne gold.


LCD dalam kamera ini memiliki fungsi touch screen yang bisa digunakan untuk memilih titik autofokus maupun untuk langsung memotret.


Untuk memotret objek yang sedang bergerak hasilnya cukup sigap. Hasil fotopun juga jernih karena autofokus yang baik dipadankan dengan saturasi, kontras, dan ketajaman khas fuji.


Penggunanya juga dipermudah saat memindahkan foto. Tak perlu menggunakan laptop, kita tinggal unggah aplikasi fujifilm di smartphone lalu import dari kamera ke hp melalui koneksi wifi.




Semua foto diambil menggunakan Fujifilm X-T100 tanpa editing ya. So, kameranya bagus dan sesuai kebutuhanku. Mudah dipakai dan ringan dibawa saat piknik.
Duakakikuu
Saya senang berwisata dan sangat antusias dengan kuliner. Di blog ini, saya akan berbagi pengalaman dan rekomendasi tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, serta makanan lezat yang dapat ditemukan di Yogyakarta. Ayo ikuti petualangan kuliner dan wisata saya !

Related Posts

5 komentar

  1. Asyiik.....ada yang mau beli kamera baru nih.. Nanti nunut foto yaa... Hehe..

    BalasHapus
  2. aku bisa pinjam kamera barumu dunk, heheh

    BalasHapus
  3. Ternyata nggak seribet yang aku bayangkan Mbak kalau pake kamera untuk moto ya. Ku kira ribet dan berat loh, maklum belum pernah belajaar moto pake kamera juga sih akunya Mbak

    BalasHapus
  4. Wah asik banget yaaa .motret2 sambil dolan sejarah.

    BalasHapus
  5. Asik bangert kalo dah punya kamera mumpuni, saya foto2 cm pake kamera hape doang

    BalasHapus

Posting Komentar