Review Novel Lukisan Langit Karya Agnes Davonar


Review Novel Lukisan Langit Karya Agnes Davonar. Waktunya metime ! Saatnya baca karya terbaru dari Agnes Davonar. Sedikit cerita, akhir-akhir ini aku melewati hari yang begitu panjang dan melelahkan. Rasanya kepalaku dipenuhi dengan persoalan yang rumit dan tak kunjung memudar. Waktu berminggu-minggu aku habiskan untuk menatap layar PC, dari yang browsing sampai revisi sebuah file dokument dan pdf demi sebuah kelulusan.

Hingga suatu malam mataku tertuju pada sebuah buku, tepatnya novel yang sudah kumiliki jauh-jauh hari namun belum sempat kubaca. Novel itu adalah karya terbaru dari Agnes Davonar, penulis yang pertama kali kukenal lewat film "Surat Kecil Untuk Tuhan". Saat itu juga aku memutuskan untuk mengistirahatkan pikiran dengan membacanya. Lukisan Langit, itulah judulnya. 

Novel Lukisan Langit memiliki cerita yang begitu ringan. Tidak butuh waktu yang lama untuk membacanya hingga akhir. Cerita ini berawal dari sekelompok mahasiswa yang diterjunkan disuatu daerah.

Novel Lukisan Langit

Sinopsis

Di Kota Palu, tepatnya galeri Rumah Lukisan, Rama pertama kali bertemu dengan Angel, seorang gadis pelukis yang menarik hati. Dalam perjalanannya untuk visit ke kota lain, tanpa sengaja mereka bertemu untuk kedua kalinya. Komunikasi pun terjalin meski harus dengan cara berkirim surat via Rumah Lukisan. Komunikasi berlanjut kian erat hingga akhirnya Angel mendapati pesan Agnes, tunangan Rama, muncul di layar laptop saat mereka berdua melihat-lihat hasil jepretan Rama.

Hubungan pun terhenti. Dalam kegalauan, Rama mencari gadis idamannya itu, namun seakan tanpa hasil. Angel seolah menghilang, bahkan hingga tiba saat Rama kembali ke Jakarta. Setibanya disana, Rama mengambil sebuah keputusan besar: soal hubungannnya dengan Agnes dan soal dia yang harus kembali ke Palu untuk bertemu Angel. Bagaimana akhir dari pencarian Rama? Akankah dia menemukan Angel? Bagaimana dengan Agnes? Penasaran kan ? sebelum saya bahas lebih lanjut, yuk kenalan dulu dengan penulisnya.

Agnes Davonar

Tentang Penulis

Novel Lukisan Langit merupakan karya Agnes Davonar. Ia memulai karirnya sebagai penulis amatir di sebuah blog dan tumbuh menjadi seorang penulis yang telah menerbitkan novel online dan 42 cerpen yang melekat di hati pembacanya. Ternyata Agnes Davonar merupakan dua nama orang yang berbeda, Agnes berasal dari namanya sendiri sedangkan Davonar diambil dari nama adiknya. Jadi, mereka adalah dua saudara yang bersatu dalam sebuah karya. Keren ya, bisa berkolaborasi bersama keluarga. Beberapa buku yang telah diterbitkan sebelumnya antara lain adalah Surat Kecil untuk Tuhan, Sleeping Beauty: The Story of Bennu, Oei Hui Lan-Kisah Kisah Putri Sang Raja Gula, Keajaiban Operasi Plastik Korea Selatan, Pesawat Kertas Terakhir, Bidadari Terakhir, Ibu Aku Mencintaimu: Love N Life Chocolatos, Ayah Mengapa Aku Berbeda, My Last Love, Kisah Tragis Nina Wang, Misteri Kematian Gaby dan Lagunya, dan My Idiot Brother. Beberapa diantaranya juga sudah difilmkan loh, pasti sudah familiar kan yang mana saja ? Jika kamu masih penasaran, kepoin juga instagramnya ya.

Kesan Setelah Membaca

Kesan pertama untuk novel Lukisan Langit adalah desain covernya yang cantik, warnanya pink berbaur biru langit. Soal cerita, aku pernah mendengar yang serupa, tapi ide dari cerita ini aku rasa disajikan dengan begitu fresh. Bahkan terasa seperti diangkat dari kisah nyata yang pernah terjadi, terlebih lagi karena lokasi dan tragedi yang dimunculkan dalam cerita berada di Indonesia. Penyampaian ceritanya pun menyenangkan, tanpa basa-basi, asik, dan sedikit menggelitik. Setiap tempat juga digambarkan dengan begitu indah. Kalimat demi kalimat yang ditulis mampu menarikku masuk kedalam cerita dan seolah-olah terbawa ketempat itu, sebuah surga tersembunyi di Indonesia. Apalagi watak dari tokoh utama yang diceritakan terasa nyata dan mirip denganku. Bedanya, Rama udah punya tunangan dan aku masih jomblo hahaha! Oke, next.

Hari-hari yang dilalui Rama diceritakan secara halus dan mengalir, sehingga tidak membuat bingung para pembaca. Meski mudah ditebak saat awal cerita karena ada clue, ternyata endingnya sangat tidak terduga dan dapat diambil benang merahnya. Alurnya yang maju pun dirasa masuk akal, tentang mengapa Angel hadir dihadapan Rama tapi juga sering hilang secara tiba-tiba. Karya terbaru Agnes Davonar ini juga terselip kisah tentang sebuah mimpi yang perlu diperjuangkan. Berat memang, ketika kita harus melakukan hal-hal yang tidak disukai sebagai bentuk bakti pada orang tua. Tapi nyatanya, Rama mampu keluar dari zona nyaman itu. Dia mau berubah dan berani untuk mencoba.


Dari keseluruhan cerita, aku suka sama tokoh utamanya. Sosok tampan dan pintar yang punya mimpi terpendam. Karakternya yang mendalam, membuatku berasa ngaca. Aku merasa memiliki mimpi, kisah, dan hubungan keluarga yang mirip dengannya. Tambah satu lagi tokoh yang bikin geregetan, selalu mengikuti Rama dan punya sifat yang gokil abis, Hendra namanya. Bukan cuma tokohnya aja sih, endingnya itulah yang paling aku suka. Akhirnya, terungkap juga siapa sosok misterius Angel sebenarnya dan harunya kelanjutan hubungan Rama dengan Agnes, tunangannya.

"Kita tidak tahu nasib akan membawa kita kemana. Semua sudah terlukis di langit"

Jujur, cerita dalam novel kali ini membuatku sedikit membuka mata tentang sebuah kesehatan mental yang bisa mempengaruhi masa depan. Bahkan, aku berharap suatu saat buku ini diangkat jadi film juga karena mungkin banyak diluar sana yang mengalami hal seperti Rama dan semoga lewat cerita ini mereka mendapat semangat. Next, mau baca karya lain dari penulisnya deh. Gak rugi soalnya, harga bukunya tidak terlalu mahal, cocok untuk remaja, dewasa, maupun orang tua yang memiliki anak. Yang pasti, selalu ada hikmah disetiap cerita.

Identitas Buku

Judul: Lukisan Langit

Penulis : Agnes Davonar

Penerbit : PT Kanisius

No ISBN : 978-979-21-6690-3

Harga : Rp 60.000

Tebal halaman : 160

Tahun terbit : 2021

You Might Also Like

0 komentar